kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 9 Makanan untuk Memperbaiki Skin Barrier Agar Kulit Wajah Sehat


Jumat, 27 Oktober 2023 / 10:06 WIB
Catat 9 Makanan untuk Memperbaiki Skin Barrier Agar Kulit Wajah Sehat
ILUSTRASI. Catat 9 Makanan untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan untuk memperbaiki skin barrier dengan efektif. Kondisi kulit wajah yang bermasalah bisa saja ditimbulkan dari rusaknya skin barrier.

Skin barrier, atau penghalang kulit, adalah sistem perlindungan alami yang terdiri dari berbagai lapisan kulit yang melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan eksternal.

Ini termasuk lapisan paling luar kulit, yang disebut stratum corneum, stratum granulosum, dan stratum spinosum di bawahnya.

Tentunya, Skin barrier memiliki beberapa fungsi yang bisa berpengaruh pada penampilan kulit wajah.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Ikan Sidat atau Unagi untuk Kesehatan Tubuh

Skin barrier

Skin barrier memiliki beberapa fungsi utama:

  • Pencegahan Penguapan Air: Salah satu fungsi utama Skin barrier adalah mencegah kehilangan air dari dalam tubuh. Ini membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.
  • Perlindungan Terhadap Mikroorganisme dan Agen Lingkungan: Skin barrier bertindak sebagai penghalang fisik terhadap bakteri, virus, alergen, dan bahan berbahaya lainnya yang dapat merusak atau mengiritasi kulit.
  • Mengatur Suhu Tubuh: Kulit membantu mengatur suhu tubuh dengan mengontrol seberapa banyak panas tubuh yang dilepaskan melalui keringat.
  • Perlindungan Terhadap Sinar Matahari: Skin barrier memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV) dari matahari, yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.
  • Pemberian Kekuatan Struktural: Kulit juga memberikan struktur dan kekuatan fisik yang mendukung tubuh.

Kerusakan Skin barrier dapat terjadi akibat berbagai faktor seperti paparan lingkungan yang keras, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang keras, perubahan hormon, stres, atau kondisi kulit tertentu.

Kerusakan Skin barrier dapat menyebabkan kulit menjadi kering, meradang, gatal, dan sensitif, dan dapat meningkatkan risiko infeksi serta masalah kesehatan kulit lainnya.

Nah, Anda tentu memerlukan perawatan yang memadai dengan produk beserta konsumsi makanan sehat berikut ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan & Kandungan Gizinya

Makanan untuk memperbaiki Skin barrier

Simak daftar makanan untuk memperbaiki Skin barrier yang wajib Anda konsumsi selama masa perawatan dilansir dari laman Oneskin.

1. Ikan berlemak

Jenis ikan berminyak ini mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi, yang membantu mengurangi peradangan, sedangkan kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kulit kering.

Ikan berlemak juga menawarkan lemak berkualitas tinggi, vitamin E (antioksidan yang bagus untuk kulit Anda), dan protein. Masak makanan ini secara menyeluruh dan sajikan dengan salad hijau dengan alpukat dan kenari untuk makan siang yang kaya tenaga dan berfungsi untuk memperbaiki Skin barrier.

2. Alpukat

Saat Anda menginginkan makanan yang mengandung lemak sehat dan nutrisi anti-inflamasi, alpukat adalah pilihan yang tepat.

Penelitian terhadap 700 wanita menemukan bahwa makan alpukat dapat membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

Senyawa dalam alpukat juga dapat memberikan perlindungan dari efek sinar UV. Lemak esensialnya dapat membantu mendukung elastisitas kulit dan menjaga kulit terasa lembut saat disentuh.

3. Kacang kenari

Sama seperti salmon, kacang-kacangan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Salah satu makanan terbaik untuk umur panjang, kenari mengandung seng, selenium, dan vitamin E, yang semuanya dapat membantu kulit tetap lembut dan kenyal.

Kacang kenari menjadi topping yang mudah, renyah, dan kaya nutrisi untuk banyak makanan. Masukkan segenggam ke dalam salad salmon lezat dengan alpukat untuk makan siang sehat kulit yang cepat dan memuaskan.

4. Paprika merah atau kuning

Jenis paprika lezat ini mengandung banyak beta karoten, yang berubah menjadi vitamin A setelah tubuh Anda mencernanya. Satu porsi menyediakan 156% pasokan vitamin A harian Anda.

Paprika ini juga kaya akan vitamin C, yang diperlukan untuk produksi kolagen tubuh Anda. Potong dadu paprika dan campurkan ke dalam salad dengan alpukat, bunga matahari, dan bahkan mungkin tomat.

5. Tomat

Makanan lezat ini mengandung banyak vitamin C serta karotenoid, seperti likopen, yang memberi warna merah pada tomat.

Beta karoten, likopen, dan lutein dalam tomat bekerja sama untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan bahkan dapat mencegah kerutan.

6. Ubi jalar

Warna oranye tua pada ubi jalar adalah kunci profil nutrisinya karena, seperti wortel, ubi jalar mengandung beta karoten, yang berubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi. Pertimbangkan labu dan wortel untuk tambahan vitamin A.

Anda bisa menikmati ubi panggang sebagai pendamping dengan porsi protein berkualitas yang sehat dan salad dengan sayuran hijau, tomat, kenari, dan paprika.

7. Brokoli

Makanan super ini mengandung seng, vitamin A, dan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang semuanya membantu kulit Anda menjaga kesehatannya bersinar.

Seperti tomat, brokoli juga mengandung lutein, zat yang melindungi sel kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit kering.

Kukus beberapa brokoli dan sajikan sebagai sayuran sampingan dengan protein berkualitas tinggi dan beberapa ubi jalar.

8. Teh hijau

Anda pasti sudah banyak mendengar tentang teh hijau dan antioksidannya. Tapi tahukah Anda itu bagus untuk kulit Anda? Singkirkan soda diet dan minumlah teh hijau jika Anda membutuhkan tambahan kafein.

Katekin dalam teh hijau melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari seperti efek sinar UV. Penelitian ungkap bahwa teh hijau mengurangi kemerahan akibat sengatan matahari sebesar 25 persen sekaligus meningkatkan kelembapan, kekasaran, ketebalan, dan elastisitas kulit.

9. Biji bunga matahari

Anda bisa konsumsi jenis biji ini ke dalam menu seperti salad untuk menyerap vitamin E, selenium, seng, dan protein, yang menutrisi skin barrier.

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan bagus untuk menutrisi sel-sel kulit Anda.

Dari sederet makanan yang bisa memperbaiki skin barrier tentu bisa dikonsumsi seiring perawatan agar kulit lebih sehat.

Selanjutnya: Kode Redeem Genshin Impact Oktober 2023 yang Masih Aktif, Cek Daftar Berikut

Menarik Dibaca: Promo Waroeng Steak Spesial Sumpah Pemuda 2023, Steak Serba Rp 28.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×