Catat! 9 Makanan ini harus diwaspadai oleh penderita darah tinggi

Sabtu, 27 Maret 2021 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! 9 Makanan ini harus diwaspadai oleh penderita darah tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah seseorang bisa dipengaruhi banyak hal. Beberapa di antaranya adalah diet atau pola makan. 

Makanan asin dan manis, serta makanan tinggi lemak jenuh, terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, menghindarinya pun dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan tekanan darah yang sehat. 

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. 

Pada saat yang sama, AHA merekomendasikan Anda untuk menghindari daging merah, garam (natrium), serta makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan. Pasalnya, makanan ini bisa menjaga tekanan darah Anda tetap tinggi. Hal itu tentu tidak baik. 

Baca Juga: Mudah didapat, ini 5 pilihan makanan untuk darah rendah

Seperti diketahui, hipertensi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari waktu ke waktu, termasuk penyakit jantung dan stroke. 

Untuk mendapatkan hidup lebih sehat, berikut ini adalah beragam makanan penyebab darah tinggi yang baik dibatasi atau dihindari, terlebih jika Anda telah mengidap hipertensi: 

1. Garam dapur 

Garam atau khususnya natrium dalam garam adalah kontributor utama untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Ini karena natrium dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dalam darah. Garam meja mengandung sekitar 40% natrium. 

Demi kesehatan, AHA merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium per hari, yakni setara dengan 1 sendok teh garam. Perlu diingat, natrium mungkin saja tersembunyi di makanan yang tidak terduga. 

Baca Juga: Waspada! Ini 4 tanda penyakit jantung tanpa gejala

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat berkontribusi besar pada asupan garam harian seseorang: 

- Roti dan roti gulung 

- Pizza Sandwich 

- Cold cuts dan daging yang diawetkan 

- Sup Burrito dan taco 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru