kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui


Rabu, 29 Maret 2023 / 11:21 WIB
Catat 6 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti klinis. Tak heran, manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh cukup menjadi sorotan dan menarik untuk diketahui. 

Manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, pakcoy menyimpan segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakcoy di antaranya seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium,  magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

Lalu apa saja manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh? Penarasan? 

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui:

1. Memperkuat Tulang

Salah satu manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan di antaranya mampu memperkuat tulang. Pasalnya, pakcoy termasuk salah satu sayuran yang mengadung banyak kalsium. 

Sehingga mengkonsumsi pakcoy secara rutin mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin K dalam pakcoy juga mempu mengurangi risiko penyakit tulang.

Baca Juga: 5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

2. Mempercepat Proses Penyembuhan 

Selain itu, pakcoy juga berperan aktif untuk dapat mempercepat proses penyembuhan. Pasalnya, kandungan nutrisi seperti vitamin K dalam pakcoy mampu membantu proses pembekuan darah dan mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang sangat menakjubkan lainnya adalah mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan pakcoy mengandung senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Senyawa ini berperan sebagai antioksidan dan membasmi radikal bebas sebelum menyebabkan mutasi sel sehat menjadi sel kanker.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi pakcoy silangan menurunkan kemungkinan perkembangan kanker prostat, paru-paru, payudara dan usus besar.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek Yuk!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Pakcoy juga mengandung cukup banyak vitamin A yang berperan aktif untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam pakcoy mampu mencegah degenarasi makula serta stres oksidatif pada retina.

Selain itu, mengkonsumsi pakcoy secara rutin juga dapat mencegah berbagai penyakit mata lainnya.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

5. Menjaga Kesehatan Jatung

Selain baik untuk mata, pakcoy juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pakcoy mengandung vitamin B6 dan asam folat yang baik untuk kesehatan jantung. 

Pasalnya, kandungan pakcoy tersebut mampu menurunkan kadar homosistein dalam darah yang mengindikasikan penyakit jantung serta masalah kardiovaskular lainnya. Selain itu, Bok choy mengandung mineral yang mengatur fungsi jantung, memastikan tekanan darah yang tepat, menurunkan stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pakcoy untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat lainnya karena pakcoy mampu menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan 

Kandungan vitamin C dalam pakcoy berperan aktif merangsang produksi se darah puting dan juga bertindak sebagai antioksidan yang mencegah stres oksidatif serta penyakit kronis dari tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikian, beberapa manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×