kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa


Rabu, 29 Maret 2023 / 10:28 WIB
5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa
ILUSTRASI. Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, daun singkong adalah salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, ada juga manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh yang telah teruji klinis. Sehingga manfaat daun singkong tak perlu diragukan lagi. 

Tak hanya memiliki banyak manfaat, daun singkong juga kerap dijadikan lalapan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Daun singkong juga termasuk tumbuhan yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun singkong di antaranya seperti protein, serat, kalsium, karbohidrat, kalium, vitamin C dan lain-lain.

Melansir dari Health Guide, berikut beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan yang menarik diketahui, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Protein

Salah satu manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan adalah banyaknya kandungan protein dalam daun singkong. 

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa daun singkong digunakan sebagai suplemen protein potensial dalam nutrisi hewan dan manusia.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek Yuk!

2. Mengurangi Risiko Kanker

Tak hanya mengandung banyak protein, daun singkong juga mempunyai manfaat yang mampu mengurangi risiko kanker. 

Hal tersebut dikarenakan daun singkong mengandung fitonutrien yang disebut karotenoid yang mampu mengurangi risiko penyakit mata, katarak hingga kanker.

Studi juga menunjukkan bahwa fitonutrien ini dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Selain itu, daun singkong mengandung fitokimia yang memiliki efek anti kanker, seperti kaempferol, quercetin, rutin, dan hesperidin yang melindungi terhadap pembentukan tumor sekaligus menghambat angiogenesis atau perkembangan pembuluh darah baru selama metastasis kanker.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

3. Mengandung Banyak Antioksidan

Selain memiliki banyak protein, daun singkong juga dikenal mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Penelitian menunjukkan daun singkong mengandung banyak antioksidan seperti karotenoid (alfa-karoten dan beta-karoten), vitamin C, vitamin E, asam fenolik (asam galat), quercetin, kaempferol, luteolin, dan apigenin. 

Senyawa ini membantu mencegah kerusakan oksidatif sel dengan mengais radikal bebas sebelum menyebabkan kerusakan pada molekul DNA atau komponen sel lainnya.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

4. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh lainnya juga tak kalah hebat yaitu dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Hal tersebut dikarenakan daun singkong memiliki sifat antiinflamasi.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa daun singkong memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sebanyak 60%.

Studi ini juga menemukan bahwa daun singkong memiliki sifat analgesik dan antipiretik yang potensial.

Baca Juga: 5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yakni dapat melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan. 

Pasalnya, daun singkong mengandung serat dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan pencernaan dengan menjaga agar makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan dan lancar. Itulah beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×