kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Jumat, 24 Maret 2023 / 13:57 WIB
Catat 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah duku untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh penting untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan.

Padahal, buah duku menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat tersebut berasal dari nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah duku di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, kalium, vitamin C dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

Selain itu, buah duku juga memiliki rasa yang cukup unik dan beragam, mulai dari manis hingga asam. Bahkan, buah duku juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Lantas apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan?

Melansir dari Med India, berikut beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Bagi penderita anemia nampaknya mengkonsumsi buan duku patut untuk dicoba. Pasalnya, buah duku mempunyai manfaat yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Hal tersebut dikarenakan buah duku mengandung vitamin seperti riboflavin dan tikn yang penting untuk produksi sek darah merah.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Catat!

2. Mencegah Kerusakan Sel

Buah duku juga mengandung banyak antioksidan yang mempunyai beragam manfaat. Salah satunya, mampu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi buah duku setidaknya dapat melindungi sel-sel dan gejala pembentukan tumor atau kanker.

3. Mencegah Malaria

Manfaat buah duku selanjutnya dipercaya mampu mencegah penyakit malaria. Dilansir dari Med India, banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dari biji buah duku yang mengandung senywa yang mampu membunuh malaria.

Baca Juga: Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Menyembuhkan Diare

Mengkonsumsi buah duku juga bermanfaat untuk dapat menyembuahkan diare ataupun berbagai masalah pencernaan lainnya. Hal tersebut dikarenakan buah duku mempunyai banyak serat yang efektif melancarkan pencernaan.

5. Meredakan Demam

Manfaat buah duku selanjutnya yaitu dapat meredakan demam. Mengkonsumsi buah duku sangat efektif membantu meredakan demam dan pilek. 

Pasalnya, buah duku mengandung banyak vitamin C yang berperan mengurangi gejala demam dan pilek.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Asam Urat

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak berhenti disitu, buah duku juga bermanfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Ekstrak kulit buah duku kerap digunakan dan diolah menjadi obat kulit seperti ruam, gatal, jerawat dan lain-lain. 

Selain itu, aroma dari kulit buah duku juga efektif mengusir nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×