kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! 6 Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Penyakit Jantung


Senin, 21 Maret 2022 / 11:46 WIB
Catat! 6 Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Penyakit Jantung
ILUSTRASI. Penyakit jantung.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga asupan makanan adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Terkhusus bagi Anda yang menderita atau mempunyai riwayat penyakit jantung perlu menghindari makanan-makanan tertentu karena bisa berbahaya bagi jantung Anda. 

Makanan yang wajib untuk dihindari tersebut adalah makanan yang tidak sehat, seperti mengandung pemanis buatan, lemak, kurang nutrisi dan makanan yang dapat memicu penyakit jantung lainnya. 

Untuk itu, bagi penderita penyakit jantung disarankan lebih banyak mengkonsumsi banyak sehat dan serat tinggi seperti sayuran atau buah-buahan. Selain bisa menghindari penyakit jantung, mengkonsumsi makanan sehat tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Berikut ada beberapa makanan yang wajib dihindari karena dapat memicu penyakit jantung yang dilansir dari WebMD, di antaranya: 

1. Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu hal yang wajib dihindari bagi penderita penyakit jantung. Pasalnya, alkohol memberikan pengaruh buruk terhadap jantung sehingga sangat berbahaya. 

2. Pizza 

Pizza merupakan makanan yang juga harus dihindari bagi Anda yang menderita penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan pizza mengandung banyak lemak, sodium dan kalori yang dapat memicu serangan jantung.

3. Pasta 

Selain pizza, Anda juga harus berpikir ulang saat akan mengkonsumsi pasta. Pasalnya, pasta terbuat dari tepung putih yang tidak mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin dan lain-lain. 

Tidak hanya itu, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi pasta juga berisiko menambahnya lemak di dalam perut sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh saat Puasa Ramadan, Ampuh Bikin Badan Terasa Segar

4. Soda 

Minum soda

Beralih ke minuman kembali, soda juga termasuk ke dalam daftar minuman yang harus dihindari penderita sakit jantung. Kandungan pemanis buatan dalam soda, dapat meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, hipertensi hingga obesitas. 

5. Daging Merah 

Makanan yang wajib dihindari pengidap sakit jantung lainnya adalah daging merah. Berbagai jenis daging merah seperti sapi, domba dan babi adalah pantangan yang harus diwaspadai. 

Pasalnya, daging merah mengandung banyak lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung. 

6. Kentang Goreng 

Kentang goreng adalah salah satu makanan yang cukup digemari orang Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui kentang goreng harus dihindari jika Anda mengidap penyakit jantung. 

Pasalnya, makanan yang kerap dijadikan camilan ini mengandung banyak lemak jenuh dan garam yang dapat memicu serangan jantung. Oleh karena itu hindari makanan ini. 

Demikian beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita penyakit jantung. Agar kondisi jantung Anda lebih terjaga, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×