kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,44   -19,08   -2.04%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh saat Puasa Ramadan, Ampuh Bikin Badan Terasa Segar


Senin, 21 Maret 2022 / 06:55 WIB
9 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh saat Puasa Ramadan, Ampuh Bikin Badan Terasa Segar
ILUSTRASI. Olahraga adalah salah satu cara menjaga tubuh sistem kekebalan tubuh saat menjalankan puasa ramadan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga kekebalan tubuh penting untuk diperhatikan, apalagi menjelang bulan suci ramadan seluruh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Saat menjalankan ibadah puasa sangat penting menjaga imunitas agar badan tetap bugar terlebih di tengah pandemi Covid-19. 

Selain untuk melaksana ibadah bagi umat muslim, puasa juga merupakan salah satu cara membuat zat-zat beracun alias detoksifikasi agar tubuh menjadi lebih sehat. 

Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya puasa berjalan dengan lancar serta membuat tubuh lebih bugar. 

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Dikomsumsi Saat Pendemi

Untuk itu, berikut ada beberapa tips menjaga kekebalan tubuh saat berpuasa ramadan yang dilansir dari Healthify Me, di antaranya: 

1. Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup adalah tips pertama agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga saat bulan puasa ramadan. Pasalnya, mempertahankan kadar cairan selama musim Ramadhan sangat penting terutama karena berjam-jam puasa dan suhu tinggi. 

Air membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan diperlukan untuk penyerapan banyak nutrisi. Oleh karena itu, minum setidaknya dua gelas air saat sahur dan menyebarkan dua liter air antara buka puasa dan sahur adalah penting.

2. Tidur yang Cukup

Tips lain menjaga sistem kekebalan tubuh selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalsh menjaga pola tidur yang cukup setiap harinya. 

Mencoba menebus kurang tidur adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh selama bulan puasa ramadan. Oleh karena itu, cobalah tidur pada jam 11 malam setelah berbuka puasa dan kemudian bangun pada jam 3 pagi untuk sahur dan subuh, lalu kemudian seseorang dapat kembali tidur pada jam 6 pagi selama dua jam. 

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Selanjutnya Anda perlu memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selama puasa, seseorang lebih rentan terhadap metabolisme yang melambat serta kerusakan jaringan otot. Untuk mencegah hal ini, makan berbagai makanan kaya nutrisi pada waktu sahur dan berbuka saat sore hari adalah hal yang penting sekaligus agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Buah untuk Diet, Efektif dan Cepat Turunkan Berat Badan

4. Menghindari Karbohidrat 

Menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan lemak jahat adalah yang perlu dilakukan agar tubuh tetap fit saat berpuasa. Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein.




TERBARU

[X]
×