kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! 5 Obat Alami Asma yang Ampuh dan Mudah Didapatkan


Rabu, 16 Maret 2022 / 06:39 WIB
Catat! 5 Obat Alami Asma yang Ampuh dan Mudah Didapatkan
ILUSTRASI. Ilustrasi penderita penyakit asma.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang menyebabkan saluran cenderung menyempit dan meradang. Salah cara mengatasi asma adalah dengan mengkonsumsi obat alami atau tradisional, namun tetap dengan arahan dokter. 

Pasalnya, jika asma tidak segera diatasi akibatnya Anda akan lebih sulit untuk bernapas baik saat menghirup maupun menghempaskan udara karena saluran pernapasannya telah terinflamasi atau meradang. 

Asma dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun lingkungan. Lingkungan dalam arti disini adalah alergi terhadap beberapa hal seperti debu, asap dan lain-lain. 

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Dimasukkan ke Daftar Menu Diet

Merangkum dari PharmEasy, ada beberapa obat alami asma yang bisa membantu meredakan gejala serta mudah untuk dicari dan didapatkan. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Bawang Putih 

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk meredakan gejala asma. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan. 

2. Madu 

Masker Madu

Madu juga dipercaya bisa dijadikan obat alami asma. Madu memang mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa melancarkan tenggorokan karena batuk yang menjadi salah satu gejala asma. 

3. Jahe 

Obat alami asma lainnya adalah jahe. Rempah ini cukup populer menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan dan kerap dijadikan obat alami atau tradisional. 

Kandungan antiinflamasi dalam jahe dipercaya mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat asma. 

Baca Juga: Bisa Menghindari Penuaan, Simak 8 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

4. Kunyit 

Selain Jahe Kunyit juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan gejala asma. Terlebih jika Anda mempunyai alergi, ekstrak kunyit mengandung antialergi yang bisa membantu meredakan asma akibat alergi. 

5. Minyak Omega 3 

Rekomendasi obat alami asma selanjutnya adalah minyak omega 3 yang berasal dari ikan. Selain bisa dijadikan obat asma, minyak omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 

Itulah beberapa obat alami yang bisa dijadikan pilihan untuk mengurangi gejala asma. Meski demikian sebelum mengkonsumsi bahan-bahan alami di atas, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×