Bisa Menghindari Penuaan, Simak 8 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

Selasa, 15 Maret 2022 | 14:02 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Bisa Menghindari Penuaan, Simak 8 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat buah semangka bagi kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Manfaat buah semangka bagi kesehatan sudah menjadi rahasia umum. Salah satu manfaat mengonsumsi buah yang memiliki rasa yang segar itu adalah bisa menghindari penuaan.

Tidak heran, semangka menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang karena rasa segar dan berbagai manfaatnya. Semangka juga dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit, lo.

Selain itu, buah yang manis dan segar tersebut mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, magnesium, kalium, dan masih banyak lagi. 

Berikut beberapa manfaat semangka yang dirangkum dari Healthline, di antaranya: 

1. Mencegah dehidrasi

Manfaat semangka yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Soalnya, semangka mengandung banyak air, bahkan 92% semangka terdiri dari cairan.

Baca Juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Anda Waspadai

2. Mencegah kanker

Semangka juga mempunyai manfaat dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Beberapa senyawa dalam semangka termasuk likopen dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek antikanker.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dipercaya mempunyai manfaat yang bisa mendukung kesehatan jantung.

Studi menunjukkan, likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal tersebut yang menjadi alasan semangka mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Bahan Alami Tanpa Harus Minum Obat

4. Meredakan peradangan 

Manfaat semangka bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu meredakan peradangan. Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka bisa membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru