Kenali 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Anda Waspadai

Selasa, 15 Maret 2022 | 11:58 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Anda Waspadai

ILUSTRASI. Ciri-ciri diabetes.


KONTAN.CO.ID - Mengetahui ciri-ciri diabetes adalah salah satu hal penting untuk diketahui agar bisa menjadi lebih waspada. Pasalnya, semakin cepat Anda mengetahui ciri-ciri dan gejala diabetes, semakin besar juga peluang Anda terhindar dari salah satu penyakit berbahaya ini. 

Meski demikian, tak sedikit orang yang tidak mengetahui ciri-ciri diabetes. Padahal, diabetes adalah salah satu penyakit yang mempunyai risiko tinggi menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lain. 

Ciri-ciri dan gejala diabetes yang dialami setiap orang juga berbeda-beda. Namun, jika Anda mengalami gejala yang mengganggu kesehatan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter sebelum terlambat. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Melansir dari Hormonemds, ada beberapa ciri-ciri diabetes yang perlu Anda ketahui dan waspadai. 

1. Rasa Lapar Meningkat Drastis 

Salah satu ciri-ciri dari gejala diabetes adalah rasa lapar yang meningkat cukup drastis. Hal tersebut dikarenakan glukosa tidak bisa masuk ke otot, akibatnya Anda akan merasa lapar sekalipun baru selesai makan. 

2. Haus 

Selain merasa lapar, ciri-ciri diabetes lainnya adalah merasa haus yang berlebihan. Hal tersebut karena jumlah gula darah meningkat yang membuat tubuh lebih banyak membutuhkan cairan. 

3. Berat Badan Turun 

Jika berat badan Anda turun secara drastis dibarengi dengan rasa lapar yang meningkat, hal tersebut bisa jadi menjadi ciri-ciri diabetes. Pasalnya, diabetes diakibatkan oleh adanya gangguan insulin yang berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi dalam makanan. 

Baca Juga: Catat! 5 Obat Alami Sakit Jantung yang Mudah Didapatkan

4. Sering Buang Air Kecil 

Ciri-ciri diabetes selanjutnya adalah buang air kecil dengan intensitas yang cukup tinggi. Pasalnya, dalam beberapa kasus hal tersebut dikarenakan ginjal berusaha mengeluarkan jumlah gula darah dalam tubuh. 

5. Pandangan Kabur

Salah satu ciri diabetes lainnya juga bisa membuat pandangan Anda kabur. Pasalnya, peningkatan jumlah gula darah, dapat mengakibatkan mata membengkak sehingga pandangan menjadi terganggu. 

6. Kulit Kering

Ciri-ciri diabetes juga bisa ditandai dengan kulit yang mulai mengering. Hal tersebut disebabkan kurangnya cairan dalam yang berakibat terhadap kulit yang kurang terhidrasi dengan baik. 

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri diabetes di atas, sekali lagi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru