kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,08   -10,42   -1.13%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Klinis


Senin, 12 Juni 2023 / 14:29 WIB
Catat 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Klinis
ILUSTRASI. Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jahe- Ada berbagai manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti oleh berbagai uji klinis. Tak heran, jahe menjadi salah satu jenis rempah yang paling banyak diminati dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe di antaranya seperti karbohidrat, serat, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Apa Saja?

Tak berhenti disitu, jahe juga kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis obat herbal untuk mengtasi berbagai masalah kesehatan. Lantas apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meringankan Gejala Pilek

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang penting untun diketahui di antaranya mampu meringankan gejala pilek. Tak heran, jahe kerap dijadikan obat alternatif untuk mengobati pilek dan meredakan demam.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Hingga Cegah Kanker

2. Meredakan Mual

Selain meredakan pilek, jahe juga bermanfaat untuk meredakan mabuk perjalanan, pusing, mual, muntal dan keringat dingin. Sehingga jahe juga kerap dijadikan bahan alami dalam obat mual dan muntah. 

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung sifat antiinflamasi yang efektif mengurangi peradangan. 

Sehingga mengkonsumsi jahe mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi risiko peradangn kronis.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan 

Jahe juga berperan penting untuk meningkatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, jahe mengandung senyawa dan serat yang mampu menghilang gas dalam sistem pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan lainnya.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan jahe mampu mencegah berbagai gejala penyakit jantung seperti menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi dan lain-lain. 

Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan jahe dapat membantu mengatur kadar kolesterol, mengurangi kerusakan arteri dan menurunkan tekanan darah tinggi yang semuanya bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular. Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×