Cari obat sesak nafas? Konsumsi 5 makanan ini, yuk

Senin, 23 Agustus 2021 | 14:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari obat sesak nafas? Konsumsi 5 makanan ini, yuk

ILUSTRASI. Obat sesak nafas dari bahan alami perlu Anda konsumsi supaya kondisi tubuh tak memburuk.

KONTAN.CO.ID - Asma, alergi, dan polusi adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan Anda sesak napas. Selain mengatasi faktor tersebut, Anda juga bisa mencoba obat sesak nafas.

Tak perlu khawatir, ada banyak jenis bahan alami yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda bisa mencoba kopi supaya sesak napas tak sering Anda alami.

The Healthy menyebutkan, kafein dalam kopi juga mampu mengatasi gejala asma yang lain. Namun, jangan mengonsumsi kopi terlalu banyak karena bisa menimbulkan efek samping.

Tidak hanya kopi, masih banyak bahan alami lain yang dapat Anda konsumsi agar sesak napas bisa teratasi dengan baik.

Apel

Asam fenolat dan antioksidan yang terdapat di apel efektif meredakan inflamasi atau peradangan. Tak terkecuali di saluran pernapasan.

Dengan rutin mengonsumsi jenis buah itu, sesak napas, mengi, atau kondisi lain yang berhubungan dengan sistem pernapasan dapat berkurang.

Baca Juga: Jahe hingga madu, ini 5 cara mengatasi hidung tersumbat

Salmon

Apakah Anda gemar mengonsumsi salmon? Ternyata, jenis ikan itu bisa jadi salah satu obat sesak nafas, lo.

Asam lemak omega-3 dalam salmon bisa meredakan inflamasi yang mengganggu sistem pernapasan. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri.

Jeruk

Mengutip dari The Healthy, sesak napas bisa Anda atasi dengan makan jeruk secara teratur. Bukan tanpa alasan, jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Nah, antioksidan itulah yang bisa melawan infeksi bakteri dan peradangan pada saluran pernapasan.

Tidak hanya jeruk, jenis buah dan sayur lain dengan kandungan vitamin C tinggi bisa Anda jadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian, mencukupi kebutuhan tubuh akan antioksidan dapat mengurangi gejala asma, seperti sesak napas, hingga 52%.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat Anda gunakan sebagai obat sesak nafas.

Cara menyembuhkan sesak nafas berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun.

Selain menurunkan risiko iritasi akibat polusi, kandungan dalam minyak zaitun pun mampu mengontrol tekanan darah. Artinya, suplai oksigen dalam tubuh menjadi tak terganggu.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

Teh hijau

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa dijadikan obat sesak nafas, maka teh hijau adalah salah satu jawabannya. Teh hijau mengandung banyak antioksidan sehingga efektif mengobati sesak napas.

Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mengonsumsi teh hijau hangat. Dengan begitu, tenggorokan dan saluran pernapasan lain menjadi lebih terlindungi dan tidak mudah iritasi. Lendir yang mengganggu saluran pernapasan pun bisa berkurang.

Selanjutnya: Bisa jadi pilihan, coba 5 obat herbal sesak nafas ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru