Cara terbaik mencegah virus corona yang perlu Anda coba

Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara terbaik mencegah virus corona yang perlu Anda coba

ILUSTRASI. Cara mencegah virus corona bisa Anda lakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. KONTAN/Fransiskus Simbolon.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, virus corona berkembang menjadi berbagai macam varian. Untuk menghindari Covid-19, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sebab, virus corona varian delta lebih mudah menular.

Supaya Anda terhindar dari infeksi virus tersebut, cobalah untuk selalu menggunakan masker, meski Anda sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Apalagi, jika Anda berada di tempat umum dengan risiko penularan Virus Corona yang cukup tinggi.

Mengutip dari Eatthis.com, jumlah virus corona varian delta di nasofaring orang yang sudah divaksin 1000 kali lebih banyak dari varian virus sebelumnya. Hal itu menunjukkan, memakai masker merupakan protokol kesehatan yang penting untuk dilakukan.

Tak hanya di luar ruangan, memakai masker selama pandemi virus corona berlangsung juga perlu Anda lakukan saat Anda berada di dalam ruangan. Terlebih, jika Anda berkumpul dengan orang-orang yang rentan terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Mana saja daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi? Ini daftarnya

Baca Juga: Syarat dan larangan suntik vaksin Covid-19 pada anak-anak

Mengutip dari Eatthis.com, beberapa kelompok yang lebih berisiko terinfeksi virus corona adalah orang tua, orang dengan kondisi sistem imun yang lemak, dan anak-anak yang belum divaksin.

Selain melindungi diri sendiri, memakai masker juga bisa mencegah transmisi virus corona yang datang dari tubuh Anda. Meski masih bisa terinfeksi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan vaksin Covid-19, ya.

Mendapat suntikan vaksin akan membuat tubuh Anda lebih terlindungi. Saat terinfeksi virus corona pun, vaksin akan menurunkan risiko kematian dan tingkat keparahan penyakit tersebut.

Tidak hanya vaksinasi dan memakai masker, protokol kesehatan lain juga perlu Anda lakukan secara disiplin. Pastikan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang mengakibatkan Anda bertemu banyak orang.

Jika Anda terpaksa untuk melakukan hal tersebut, usahakan untuk selalu menjaga jarak. Pilihlah jenis masker dan pakailah sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya memakai sabun dan air mengalir atau memanfaatkan hand sanitizer.

Selanjutnya: Upaya pencegahan Covid-19 pada anak-anak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru