Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Keluarkan Banyak Uang

Selasa, 15 Maret 2022 | 11:00 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Keluarkan Banyak Uang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ahli menemukan cara sederhana untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan banyak minum air putih. 

Mengutip "Makan Tepat Badan Sehat" (2009) oleh Prof. Dr. Ir Faisal Anwar dan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, air putih disebut sebagai katalis penting untuk menurunkan berat badan. Dengan minum air putih, tubuh dapat mengendalikan nafsu makan. 

Volume air yang masuk ke lambung akan menimbulkan kesan kenyang, sehingga orang tidak akan ngemil atau tergoda makan banyak. 

Kesan kenyang juga akan muncul jika proses pencernaan berjalan lambat, misalnya dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. 

Bagi orang yang mengkonsumsi makanan tinggi serat dalam dietnya, disarankan untuk memperbanyak minum air putih. 

Sebab, serat juga memiliki sifat menyerap air. 

Baca Juga: Mau Cepat Turunkan Berat Badan? Simak 5 Manfaat Teh Hijau Ini

Jika sedikit minum air putih, air dari sel-sel tubuh akan ikut diserap dalam proses pemecahan makanan berserat itu. 

Ujungnya, dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti dehidrasi dan sebagainya. 

Sehingga, tips untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan berlebih adalah rajin minum air putih, jika mengubah pola makan dan berolahraga tidak efektif. 

Kebutuhan minum air putih 

Mengutip "Makan Tepat Badan Sehat" (2009) oleh Prof. Dr. Ir Faisal Anwar dan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, air akan membantu tubuh memetabolisme lemak dengan lebih baik. 

Metabolisme adalah proses saat substansi-substansi ditangani oleh organ-organ tubuh. Substansi-substansi tersebut berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. 

Kurangnya asupan air menyebabkan lemak tubuh menumpuk. 

Dibandingkan dengan orang kurus, orang gemuk memerlukan asupan air lebih banyak untuk membantu membakar lemaknya. 

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah, Pas buat Penderita Diabetes

Biasanya, orang-orang gemuk memiliki beban metabolisme yang lebih berat. Oleh karena itu, orang dengan berat badan berlebih sangat butuh minum air lebih banyak dari pada standar umum. 

Untuk orang dengan berat badan normal, dianjurkan minum 8 gelas air sehari. Untuk orang dengan berat badan berlebih, dianjurkan minum satu gelas lebih banyak. 

Ketika orang gemuk berolahraga untuk membakar lemak, maka tubuh memerlukan tambahan air minum lagi. Disarankan minum secara merata, yaitu pagi, siang, sore, dan malam, untuk fungsi metabolisme berjalan optimal. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru