kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mudah ajak anak ke dokter gigi


Kamis, 29 Desember 2016 / 13:14 WIB
Cara mudah ajak anak ke dokter gigi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

BANDUNG. Membujuk anak ke dokter gigi itu gampang-gampang susah. Perlu kerjasama antara orangtua dan dokter gigi agar anak mau periksa ke dokter gigi.

Bonita Putri Arinida, pakar kesehatan gigi dari D’Gigiku Kids di Bandung mengatakan bahwa butuh keahlian tersendiri untuk menangani pasien anak. Tiap anak bisa beda cara menanganinya.

“Dokter gigi harus bisa menumbuhkan rasa nyaman pada anak. Tapi itu butuh kesabaran lebih karena pasien anak butuh waktu adaptasi lebih lama dari pasien dewasa,” ujar lulusan Universitas Padjajaran ini.

Bagi Bonita, kesan pertama anak terhadap dokter gigi sangat penting. Karenanya ia berusaha membangun hubungan dengan si anak sejak awal.

“Caranya bisa dengan diajak ngobrol mengenai sekolahnya. Bisa juga mengenalkan alat-alat yang akan digunakan untuk memeriksa gigi si anak atau hal-hal seputar gigi,” papar drg. Bonita.

Jika cara tersebut kurang berhasil, Bonita punya senjata lain berupa boneka, permainan, atau saluran televisi khusus anak. Apalagi klinik tempat ia praktek termasuk yang sudah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Meski demikian, Bonita mengaku kalau cara-cara tersebut tak selalu berhasil. Ada kalanya anak terlalu takut dan menolak keras untuk diperiksa.

“Ada yang sampai tak mau buka mulut. Ada juga yang tak mau dicabut pakai tang hingga diperlukan tiga kali kunjungan untuk cabut satu gigi. Yang seperti itu kan tidak efisien,” papar Bonita.

Sebetulnya, lanjut Bonita, ada cara lain untuk membangun rasa nyaman anak terhadap dokter gigi. Hal tersebut adalah rutin periksa tiap enam bulan sekali.

"Tanpa menunggu sakit gigi, harusnya dibawa ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Kalau sudah biasa, anak jadi tidak takut dengan dokter gigi," ucap Bonita.

Hal ini diamini oleh Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Cabang Jakarta, Eva Fauziah. Ia mengakui bahwa dokter gigi butuh ‘bantuan’ orangtua untuk urusan tersebut.

“Jangan tunggu sakit. Nanti anak bisa takut atau bahkan trauma dan masalah giginya jadi lebih sulit ditangani,” imbuh Eva dalam Media Briefing Bulan Kesehatan Gigi 2016 di Jakarta beberapa waktu lalu.

(Michael Metekohy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×