Kecantikan & Kebugaran

Cara merawat warna rambut supaya awet

Selasa, 25 Agustus 2020 | 08:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara merawat warna rambut supaya awet

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menggunakan warna rambut baru merupakan hal yang menyenangkan. Dengan mengikuti atau mencoba tren warna terbaru, tampilan Anda terlihat lebih fresh. Agar uang yang Anda keluarkan untuk warna rambut tak sia-sia, Anda perlu merawatnya dengan benar.

Melansir dari The Every Girl (theeverygirl.com), ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar warna rambut tak mudah memudar. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, warna rambut Anda bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Covid-19 ini masih sering salah diterapkan, lo

Jangan Langsung Memakai Sampo

Saat menggunakan warna rambut baru, lapisan kulit ari akan terbukaagar warna lebih mudah menyatu dengan batang rambut. Jika Anda mencuci rambut terlalu cepat setelah menggunakan warna rambut baru, lapisan kulit ari masih terbuka. Hal itu menyebabkan warna rambut ikut terbilas.

The Every Girl menyebutkan bahwa lapisan kulit ari membutuhkan waktu selama 3 hari untuk benar-benar menutup. Jadi, warna rambut bisa semakin awet jika Anda tidak langsung mencuci rambut setelah warna diganti.

Gunakan Air dengan Suhu Rendah

Meski mandi menggunakan air panas terasa nyaman, tapi hal itu tidak disarankan untuk warna rambut Anda. Ketika mencuci rambut menggunakan air hangat, kulit ari rambut akan terbuka sehingga warna rambut akan terbilas.

The Every Girl menyarankan agar Anda mandi dengan air hangat kemudian bilas rambut yang dicuci dengan air dingin agar warna rambut tak ikut terbilas. 

Air hangat akan membuat sampo dan conditioner menyatu dan membersihkan rambut. Sedangkan air dingin membantu menyegel pelembab dari conditioner dan mencegah pemudaran warna dengan menutup kulit ari rambut.

Baca Juga: Masih muda tapi rambut sudah beruban? Ini faktornya

Hindari Klorin

Klorin adalah bahan kimia yang dipakai untuk menjernihkan kolam renang. Agar warna rambut tetap terjaga selama berenang di kolam renang, The Every Girl menyarankan agar Anda memakai topi renang.

Anda juga bisa membasahi rambut dan menggunakan conditioner terlebih dahulu. Jangan bilas conditioner tersebut selama berenang agar klorin tak menyatu dengan batang rambut sehingga warna rambut tak cepat memudar.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru