Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa pakai 4 bahan ini

Sabtu, 29 Mei 2021 | 16:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa pakai 4 bahan ini

KONTAN.CO.ID - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi yang perlu Anda waspadai. Ada banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba.

Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan penyakit yang lain bisa Anda hindari.

Mengonsumsi obat dan menerapkan pola hidup sehat adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan. Nutrisi yang terdapat dalam bahan alami tersebut mampu menurunkan tekanan darah.

Namun, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Apalagi, jika Anda sedang rutin mengonsumsi jenis obat tertentu.

Dikhawatirkan, beberapa jenis makanan ini bisa mengganggu efektivitas obat tersebut. Nah, dengan pengawasan dokter, risiko tersebut dapat Anda hindari.

Pisang

Medical News Today mengatakan, tekanan darah bisa lebih terkontrol dengan mengonsumsi pisang secara rutin. Efek itu terjadi karena pisang mengandung banyak kalium.

Dalam satu buah pisang berukuran sedang, Anda bisa mendapat sekitar 422 mg kalium. Kalium mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

Namun, penderita penyakit ginjal perlu berhati-hati. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium justru bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga: Coba 5 opsi buah penurun tekanan darah tinggi ini, yuk

Cokelat hitam

Mengonsumsi cokelat bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi cokelat hitam termasuk salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba.

Konsumsi 1 ons cokelat hitam yang mengandung minimal 70% cocoa setiap hari. Dengan begitu, risiko tekanan darah tinggi bisa Anda hindari.

Oatmeal

Selanjutnya, cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi oatmeal.

Salah satu jenis serat yang terkandung dalam oatmeal efektif membersihkan kolesterol sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Alhasil, tekanan darah pun bisa turun.

Baca Juga: 6 Makanan penurun tekanan darah tinggi, bisa Anda coba

Bawang putih

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi bawang putih supaya tekanan darah terkontrol. Bawang putih mampu meningkatkan produksi asam nitrat dalam tubuh sehingga otot menjadi lebih rileks dan darah menjadi lebih encer.

Hal itulah yang membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol. Anda bisa mengolah bawang putih menjadi berbagai macam hidangan. Bahkan, menambah bawang putih dalam masakan bisa meningkatkan cita rasa.

Selanjutnya: 5 Makanan untuk tekanan darah rendah ini bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru