Tips Sehat

5 Makanan untuk tekanan darah rendah ini bisa Anda coba

Rabu, 26 Mei 2021 | 12:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan untuk tekanan darah rendah ini bisa Anda coba

ILUSTRASI. Kafein termasuk salah satu makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah.

Normalnya, tekanan darah seseorang berada di angka 120/80 mmHg. Ada beberapa hal yang bisa Anda alami jika tekanan darah berada di bawah angka tersebut. Mulai dari pusing, mual, pandangan mengabur, dan lain sebagainya.

Tekanan darah yang berada di bawah batas normal bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, dehidrasi, stres, anemia, atau kondisi kesehatan yang lain. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya masalah kesehatan Anda bisa teratasi. Selain itu, pastikan untuk rutin mengonsumsi makanan ini.

Kafein

Mengutip dari Only My Health (onlymyhealth.com), kafein berguna untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein. Misalnya, kopi, teh, atau cokelat hitam.

Baca Juga: Coba 6 makanan penurun tekanan darah tinggi ini, yuk

Telur

Telur termasuk makanan untuk tekanan darah rendah selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Jenis makanan itu mengandung banyak vitamin B12 yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Dengan begitu, risiko tubuh kekurangan darah, pendarahan, kerusakan sistem saraf, atau gangguan organ bisa Anda hindari. Cobalah untuk mengonsumsi telur secara rutin supaya tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Jus Anggur

Anggur termasuk makanan untuk penderita tekanan darah rendah.

Jika Anda mencari cara menaikan tekanan darah, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi jus anggur. Jus anggur dipenuhi dengan karbohidrat sehingga mampu menaikkan tekanan darah dalam waktu singkat. Apalagi saat Anda kesulitan untuk mengunyah atau menelan makanan.

Baca Juga: Daftar makanan untuk menjaga kadar gula agar diabetes tidak kambuh

Makanan Manis

Makanan manis juga termasuk dalam daftar makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda coba. Only My Health mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan jumlah asam urat. Nah, penambahan asam urat itu berpengaruh pada kontraksi pembuluh darah yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Air Putih

Seperti yang telah dikatakan, salah satu penyebab tekanan darah turun adalah dehidrasi atau kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Cobalah untuk minum banyak air putih, apalagi jika cuaca sedang panas atau Anda sedang melakukan kegiatan fisik yang berat.

Selanjutnya: Infused water sayur dan buah yang efektif menurunkan darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru