Coba 5 opsi buah penurun tekanan darah tinggi ini, yuk

Jumat, 21 Mei 2021 | 11:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 5 opsi buah penurun tekanan darah tinggi ini, yuk

ILUSTRASI. Jeruk termasuk salah satu buah penurun tekanan darah tinggi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko penyakit itu adalah dengan mengonsumsi buah penurun tekanan darah tinggi.

Melansir Cardiamin (cardiamin.com), orang dewasa sebaiknya mengonsumsi empat hingga lima porsi buah per hari. Tujuannya supaya kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral bisa tercukupi. Supaya jumlah itu bisa terpenuhi, cobalah untuk mengatur jadwal makan buah Anda.

Campurkan buah pada menu sarapan yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah sebagai makanan ringan. Jika Anda kesulitan untuk memilih buah apa yang bisa mengontrol tekanan darah, berikut beberapa jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Jeruk

Apakah Anda suka mengonsumsi jeruk? Buah yang dipenuhi dengan vitamin C ini bisa Anda jadikan opsi untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mendapat sekitar 326 mg kalium dari mengonsumsi satu buah jeruk. Selain itu, buah jeruk juga tak mengandung banyak sodium sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan kolesterol ini patut untuk Anda coba

Alpukat

Alpukat tidak boleh ketinggalan dari daftar buah penurun tekanan darah tinggi yang perlu Anda coba. Jenis buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan jenis nutrisi lain yang baik untuk kesehatan jantung.

Tidak berhenti sampai di situ, alpukat juga dipenuhi dengan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Alpukat pun tidak mengandung banyak kolesterol sehingga aliran dalam tubuh bisa tetap lancar.

Pisang

Cardiamin merekomendasikan pisang untuk menurunkan tekanan darah. Sama seperti jenis buah yang lain, pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Dalam satu buah pisang, Anda bisa mendapat sekitar 422 mg kalium.

Baca Juga: 4 Jus sayur dan buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Stroberi

Stroberi dan bluberi termasuk dalam daftar buah penurun tekanan darah tinggi.

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi buah stroberi secara rutin. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalamnya menjadikan stroberi cocok dimasukkan dalam daftar buah penurun tekanan darah tinggi.

Bluberi

Selain stroberi, bluberi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda, lo. Ada berbagai macam nutrisi dalam bluberi yang efektif mencegah penyumbatan aliran darah. Mulai dari vitamin C, vitamin K, mangan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Perlu Anda dicoba, inilah 6 makanan penurun kolesterol

Editor: Belladina Biananda
Terbaru