kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu Anda dicoba, inilah 6 makanan penurun kolesterol


Kamis, 20 Mei 2021 / 09:20 WIB
Perlu Anda dicoba, inilah 6 makanan penurun kolesterol
ILUSTRASI. Alpukat termasuk salah satu makanan penurun kolesterol.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memerhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol, kondisi tubuh Anda menjadi lebih terkontrol.

Tubuh membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, hal tersebut bisa terganggu saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak. Penumpukan kolesterol dapat mengganggu aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah meningkat sehingga risiko penyakit jantung pun jadi lebih besar. Meski Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan ini, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika ada jenis obat tertentu yang sedang Anda konsumsi.

Alpukat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), mengonsumsi alpukat bisa Anda jadikan kebiasaan. Jenis buah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol bai. Dengan begitu, kondisi jantung menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara menurunkan kolesterol secara mudah dan bebas efek samping

Oatmeal

Jika Anda mencari makanan penurun kolesterol, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi 70 g oatmeal selama 28 hari mengalami penurunan kolesterol sebanyak 11.6%.

Seseorang membutuhkan 3 g serat per hari untuk menurunkan kolesterol. Nah, jumlah itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi 70 g oatmeal. Anda bisa mengolah oatmeal menjadi bubur dan menggabungkannya dengan makanan bergizi lain, misalnya buah-buahan.

Terong

Salah satu makanan penurun kolesterol adalah terong.

Seperti yang telah dikatakan, Anda bisa menurunkan kolesterol jika mengonsumsi 3 g serat per hari. Hal itu juga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi 100 g terong, lo. Selain mengontrol jumlah kolesterol, mengonsumsi terong juga menurunkan risiko penyakit lain. Contohnya, stroke dan obesitas.

Apel

Medical News Today merekomendasikan apel untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa mendapat 3-7 g serat dengan mengonsumsi satu buah apel. Tak hanya serat, jumlah kolesterol juga bisa turun karena apel mengandung senyawa yang bernama polifenol.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol dalam darah secara alami

Cokelat Hitam

Tahukah Anda bahwa cokelat hitam termasuk salah satu makanan penurun kolesterol? Antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam cokelat hitam berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meski demikian, Anda perlu membatasi konsumsi cokelat hitam supaya tidak ada efek samping yang muncul.

Teh Hijau

Teh hijau jadi bahan alami selanjutnya yang efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena adanya katekin, salah satu senyawa yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Selanjutnya: 4 Jus sayur dan buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×