kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat, konsumsi minum minuman berikut ini


Rabu, 09 Juni 2021 / 09:30 WIB
Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat, konsumsi minum minuman berikut ini
ILUSTRASI. Jus tomat salah minuman yang bisa digunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi tanpa obat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Untuk menurunkan darah tinggi, pasien biasanya diberi obat. Selain obat, pasien bisa melakukan cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan konsumsi minuman tertentu. Simak cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat dengan konsumsi minuman tertentu berikut ini.

Tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang membahayakan tubuh. Pada dasarnya, tekanan darah normal orang dewasa biasanya 120/80 mmHg.

Apabila melebihi angka tersebut, seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika disepelekan, hipertensi dapat menyebabkan penyakit kronis lain, seperti stroke dan penyakit jantung.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi tanpa obat adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman harian. Dengan demikian, diet ramah tekanan darah sangat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah pada angka yang sehat.

Selain itu, minuman tertentu juga dapat menjadi cara membantu menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat. Berikut ini 7 minuman yang dapat menjadi cara untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir dari Healthline.

Baca juga: Anda perlu waspada, ini 5 penyebab hipertensi yang bisa terjadi

1. Jus tomat

Cara pertama menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat adalah konsumsi minuman jus tomat. Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi tahun 2019 berjudul “Unsalted tomato juice intake improves blood pressure and serum low-density lipoprotein cholesterol level in local Japanese residents at risk of cardiovascular disease”, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL. Penelitian terbaru lainnya telah melaporkan hasil yang serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil .

2. Jus bit

Cara kedua menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat adalah dengan minum minuman jus bit. Bit adalah sayuran berwarna dan rendah kalori ini mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi berjudul “Improvement of hypertension, endothelial function and systemic inflammation following short-term supplementation with red beet (Beta vulgaris L.) juice: a randomized crossover pilot study” menunjukkan, jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah. Bit kaya akan nitrat diet, senyawa yang memiliki efek menurunkan tekanan darah.

Simak cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat dengan minuman terttentu di halaman selanjutnya




TERBARU

[X]
×