Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan Tanpa Obat Dokter

Selasa, 13 September 2022 | 15:44 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan Tanpa Obat Dokter

ILUSTRASI. Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan Tanpa Obat Dokter


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat apotek atau dokter. Cara menurunkan darah tinggi secara alami bisa dilakukan dengan melakukan sejumlah kegiatan atau konsumsi makanan tertentu.

Cara menurunkan darah tinggi secara alami penting diketahui untuk mencegah datangnya penyakit hipertensi. Pasalnya, penyakit hipertensi bisa menyebabkan stroke hingga serangan jantung yang mengancam nyawa.

Diberitakan Kompas.com, tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya jika dibiarkan karena merupakan pemicu penyakit jantung dan stroke. Meskipun terdengar seram, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

Kabar baiknya lagi, beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi berikut juga tidak melibatkan pengobatan secara medis. Berikut cara menurunkan darah tinggi secara alami yang aman dilakukan secara rutin:

1. Lebih sering berolahraga

Cara pertama menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah sering olahraga. Melansir Healthline, berolahraga setidaknya setengah jam per hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan, Mayo Clinic mencatat bahwa olahraga rutin bisa menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 5 hingga 8 mm Hg. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu berjalan, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

Jenis olahraga yang berfokus pada kekuatan juga akan membantu menurunkan tekanan darah dan bisa dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Baca Juga: Anda Punya Tensi Tinggi? Ini Cara Alami Turunkan Tekanan Darah TInggi Tanpa Obat

2. Menurunkan berat badan

Cara kedua menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah menurunkan berat badan. Mayo Clinic menjelaskan bahwa kenaikan berat badan akan berbanding lurus dengan naiknya tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, kelebihan berat badan juga akan mengganggu pernapasan ketika tidur sehingga menyebabkan naiknya tekanan darah. Cara terbaik untuk mengatur tekanan darah adalah dengan menurunkan berat badan.

3. Mengatur asupan makanan

Cara ketiga menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah mengatur asupan makanan. Memilih jenis makanan yang bergizi bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mm Hg.

Beberapa makanan yang direkomendasikan oleh Mayo Clinic adalah makanan yang mengandung biji-bijian, buah, sayur, dan produk olahan susu yang rendah lemak serta lemak jenuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan bisa menurunkan berat badan serta tekanan darah tinggi.

4. Mengurangi asupan garam atau sodium

Cara keempat menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah mengurangi asupan garam. Melansir Healthline, setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda terhadap konsumsi garam.

Orang-orang yang sensitif terhadap garam akan langsung mengalami kenaikan tekanan darah. Sebaliknya, orang-orang yang tidak sensitif terhadap garam akan bisa mengeluarkannya lewat urin tanpa memengaruhi tekanan darah.

Meskipun begitu, Mayo Clinic merekomendasikan konsumsi garam yang lebih sedikit pada orang dewasa sebesar 1.500 mg per hari atau kurang dari jumlah tersebut.

5. Berhenti merokok

Cara kelima menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah tidak merokok. Healthline menjelaskan bahwa merokok dalam jangka waktu yang lama bisa menaikkan tekanan darah.

Zat kimia yang terkandung di dalam rokok akan merusak dinding pembuluh darah, menyebabkan pembengkakan, dan menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah naik dan hal ini juga akan berlaku untuk perokok pasif.

6. Mengurangi konsumsi alkohol

Cara keenam menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah mengurangi konsumsi alkohol. Mengurangi konsumsi alkohol dijelaskan oleh Mayo Clinic bisa mengurangi tekanan darah sekitar 4 mm Hg.

Selain menaikkan tekanan darah, konsumsi alkohol ternyata juga membuat efek obat tidak bekerja dengan baik. Untuk itu direkomendasikan untuk membatasi konsumsi alkohol maksimal satu jenis minuman per hari.

7. Cukup tidur

Cara ketujuh menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah istirahat yang cukup. Tidur kurang dari 6 jam per hari bisa meningkatkan tekanan darah. Menghindari hal-hal yang menyebabkan tidur terganggu sangat disarankan sehingga waktu tidur di malam hari berkisar antara 7 hingga 9 jam per hari.

8. Mengurangi stres

Cara kedelapan menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat adalah mengendalikan stress. Mayo Clinic menyebutkan bahwa stres bisa membuat tekanan darah naik. Mengurangi stres yang dirasakan serta menghindari hal-hal yang membuat stres akan berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan berguna bagi kesehatan tubuh secara umum.

Makanan untuk menurunkan darah tinggi

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, sejumlah bahan makanan juga bisa membantu menurunkan darah tinggi. Berikut daftar bahan makanan untuk menurunkan darah tinggi:

Produk olahan susu rendah lemak

Terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju atau yogurt, memang tak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Apalagi, bagi Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

Namun, bila Anda benar-benar ingin mengonsumsinya, pilihlah produk olahan susu rendah lemak.

Baca Juga: 3 Minuman sehat penurun tekanan darah tinggi yang mudah dibuat di rumah

Sayur

Sayur yang biasa Anda temui bisa jadi obat tekanan darah tinggi, lo. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sayur, mulai dari kalium, serat, magnesium, hingga vitamin serta mineral yang lain.

Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mengonsumsi empat sampai lima porsi sayur per hari. Brokoli, kembang kol, labu, dan tomat adalah beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ada banyak cara untuk mengolah jenis makanan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi smoothie.

Kacang-kacangan

Selain sayur, kacang-kacangan juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi. Salah satu nutrisi yang banyak ditemui dalam beberapa jenis kacang adalah magnesium.

Tidak berhenti sampai di situ, kacang-kacangan juga mengandung jenis serat yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Kaya antioksidan, ini 5 minuman yang efektif menurunkan darah tinggi

Buah

Jeruk bisa jadi obat tekanan darah tinggi.

Medicine Net juga merekomendasikan beberapa jenis buah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Sama seperti jenis makanan yang sudah disebutkan, buah dipenuhi dengan berbagai macam gizi yang Anda butuhkan supaya tetap sehat.

Ada banyak jenis buah yang bisa Anda pilih, misalnya, apel, melon, jeruk, dan lain-lain. Bila Anda ingin beli buah kaleng, pastikan buah kaleng tersebut tidak dicampur dengan pemanis tambahan karena berbahaya untuk kesehatan.

Itulah berbagai cara menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat dan bahan makanan yang membantu mengatasi darah tinggi. Jika darah tinggi tidak kunjung turun, harap hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru