kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Coba 8 Hal Ini


Senin, 13 Mei 2024 / 13:55 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Coba 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif yang penting diketahui dan bisa dicoba. Tak hanya itu, mencapai berat badan ideal juga baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam dunia yang semakin sibuk dan modern, banyak orang menghadapi masalah berat badan berlebih. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan. 

Menurunkan berat badan bisa menjadi tujuan yang baik, tetapi sangat penting untuk melakukannya dengan cara yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga: Manfaat Kulit Sawo Untuk Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Khasiat Lainnya

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa cara menurunkan berat badan di antaranya:

1. Pahami Kebutuhan Kalori Anda

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah memahami jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Ini adalah dasar dari segala upaya penurunan berat badan. Perhitungan sederhana adalah: Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar. Tapi, jangan terlalu drastis dalam mengurangi kalori Anda, karena tubuh juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Seimbang

Pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari makanan yang tinggi gula tambahan, garam, dan lemak jenuh. Perhatikan porsi makanan Anda dan coba untuk menghindari makan berlebihan.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

3. Tetap Aktif

Olahraga adalah bagian penting dari program penurunan berat badan yang sehat. Cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk olahraga secara teratur. Anda tidak perlu melakukan latihan yang sangat intens jika Anda tidak terbiasa. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu Anda membakar kalori ekstra.

4. Minum Air yang Cukup

Air adalah teman terbaik dalam penurunan berat badan. Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari. Air membantu tubuh membuang toksin, meningkatkan metabolisme, dan membantu mengontrol nafsu makan.

Baca Juga: Obat Trigeliserida Tinggi Alami, Sudah Coba 6 Hal Berikut?

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang baik sangat penting untuk penurunan berat badan yang berhasil. Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, membuat Anda lebih cenderung makan berlebihan.

6. Pantau Kemajuan Anda

Tentukan tujuan penurunan berat badan yang realistis dan pantau kemajuan Anda. Anda dapat menggunakan jurnal atau aplikasi kesehatan untuk mencatat makanan, jumlah kalori yang Anda bakar, dan berat badan Anda. Ini dapat membantu Anda tetap termotivasi.

7. Jangan Terlalu Ketat pada Diri Sendiri

Ingatlah bahwa penurunan berat badan adalah perjalanan jangka panjang. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika terjadi kemunduran atau hari-hari ketika Anda merasa terlalu lemah. Yang penting adalah kembali ke jalur dan melanjutkan perjuangan Anda.

Baca Juga: Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Kulit, Ada 7 Manfaat Lainnya

8. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan

Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasari atau pernah mengalami masalah serius dengan berat badan, konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda sebelum memulai program penurunan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×