Cara Mengobati Gusi Bengkak, Coba 6 Bahan Alami Ini

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:42 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengobati Gusi Bengkak, Coba 6 Bahan Alami Ini

ILUSTRASI. Cara mengobati gusi bengkak.


KONTAN.CO.ID - Gusi Anda bengkak? Hal tersebut pasti sangat mengganggu saat makan maupun aktivitas lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa cona bahan-bahan alami yang dipercaya dapat mengobati gusi bengkak.

Gusi bengkak umumnya terjadi karena adanya infeksi di gusi yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kurang bersih saat menggosok gigi, hal tersebut membuat kuman atau sisa-sisa makanan menempel di gusi yang jika biarkan akan membuat gusi terinfeksi dan bengkak.

Biasanya jika gusi mengalami pembengkakan, mungkin Anda akan menemukan darah saat menggosok gigi, mulut terasa bau atau gigi goyang. Oleh karena itu, sebelum gejala lain timbul akibat gusi bengkak segera untuk mencari obat atau memeriksa ke dokter. 

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Mei 2022, Cek!

Melansir dari Pain Assist, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk bantu mengobati gusi bengkak. Bahan alami tersebut adalah: 

Lidah Buaya 

Cara mengobati gusi bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan gel atau ekstrak lidah buaya ke bagian gusi yang bengkak. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat. 

Air Garam 

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa air garam mampu membantu meredakan gusi bengkak. Hal tersebut dikarenakan air garam mampu mencegah infeksi pada gusi yang membengkak. 

Tidak hanya itu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Wajib Coba Ini

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil juga menjadi salah satu bahan alami yang mampu mengobati gusi bengkak. Pasalnya, tea tree oil mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang juga mampu meredakan rasa sakit akibat gusi yang membengkak. 

Daun Jambu Biji 

Cara mengobati gusi bengkak lainnya adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji. Anda hanya perlu berkumur menggunakan air rebusan daun jambu biji yang dipercaya dapat meredakan pembengkakan gusi. 

Lemon

Anda juga bisa memanfaatkan lemon sebagai obat untuk mengobati gusi bengkak. Sama seperti daun jambu biji, Anda hanya tinggal berkumur menggunakan air rebusan lemon selama beberapa kali. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Panu, Sudah Coba 6 Bahan Alami Ini?

Baking Soda 

Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan garam agar efek menjadi lebih maksimal. 

Itulah beberapa cara menghilangkan gusi bengkak dengan menggunakan bahan-bahan alami. Meski demikian, tidak ada salahnyajuga  untuk berkonsultasi ke dokter agar gusi bengkak bisa cepat teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru