5 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Wajib Coba Ini

Selasa, 10 Mei 2022 | 13:16 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Wajib Coba Ini

ILUSTRASI. Cara menurunkan gula darah tinggi bagi penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Menjaga asupan makanan adalah salah satu cara menurunkan gula darah tinggi atau diabetes secara alami. Pasalnya, gula darah tinggi tak boleh dianggap sepele. 

Penyakit gula darah tinggi atau diabetes merupakan penyakit serius yang berbahaya serta sangat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain. 

Oleh karena itu, penting sesegera mungkin melakukan penanganan bagi Anda pengidap diabetes, dengan memeriksakan kondisi tubuh ke dokter, sebelum berbagai penyakit berbahaya muncul. 

Ada banyak faktor penyebab diabetes. Mulai dari genetik, kurang olahraga, makan tidak terjaga, hingga berbagai gaya hidup kurang sehat lainnya. 

Meski ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat diabetes, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Ini guna meminimalisir efek samping dan memaksimalkan khasiat dari obat diabetes tersebut. 

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Mei 2022, Cek!

Berikut obat diabetes berbahan alami yang dilansir dari Stamford Health

Kayu manis 

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat dan kerap dijadikan bahan ramuan obat herbal. Perlu Anda ketahui, salah satunya kayu manis dapat dijadikan obat diabetes, lo. 

Soalnya, kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah tinggi sehingga sangat cocok dijadikan obat diabetes. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Lidah buaya

Lidah buaya sangat populer memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, lidah buaya juga disebut-sebut bisa dijadikan obat diabetes, lo.

Namun, Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah besar, karena bisa menimbulkan efek samping diare.

Baca Juga: 5 Efek Samping Minyak Zaitun yang Perlu Diwaspadai

Zinc 

Salah satu jenis mineral, zinc dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Anda bisa mengonsumsi suplemen zinc sebagai obat diabetes sebelum muncul komplikasi penyakit lain dan usahakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Buah dan sayur tertentu

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis buah dan sayur tertentu dapat dijadikan obat diabetes, lo. Contohnya, stroberi, bluberi, ceri, apel, alpukat, brokoli, tomat, dan masih banyak lagi. 

Beberapa buah dan sayur tersebut dapat dijadikan obat diabetes. Sebab, buah dan sayur tersebut punya kandungan yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami.

Fenugreek 

Obat diabetes yang berbahan alami selanjutnya fenubreek. Ini adalah salah satu tanaman herbal yang kerap dijadikan ramuan berbagai jenis obat seperti kayu manis. 

Selain dapat dijadikan obat diabetes, fenubreek juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru