Cara Menghilangkan Panu, Sudah Coba 6 Bahan Alami Ini?

Selasa, 10 Mei 2022 | 08:46 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Menghilangkan Panu, Sudah Coba 6 Bahan Alami Ini?

ILUSTRASI. Kunyit adalah salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan panu.


KONTAN.CO.ID - Bingung mencari cara menghilangkan panu? Tak usah khawatir, ada beberapa cara menghilangkan panu, salah satunya dengan memanfaat bahan-bahan alami. Bahan alami tersebut mampu mengatasi panu atau infeksi jamur di kulit.

Biasanya jamur ini tidak menyebabkan mengganggu kesehatan, namun terkadang bercak-bercak panu membuat kurang percaya diri. 

Panu biasanya disebabkan oleh munculnya jamur Malassezia yang tumbuh di area permukaan kulit dan kondisi tersebut tidak menular kepada orang lain. 

Baca Juga: Cara Mengobati Bisul dengan Cepat, Coba 5 Obat Alami Ini

Melansir dari Pharmeasy, cara menghilangkan atau mengobati panu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat. Bahan alami tersebut di antaranya: 

Bawang Putih 

Cara menghilangkan panu yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Kandungan antijamur dan antimikroba dalam bawang putih mampu menghilangkan jamur atau panu pada kulit. 

Caranya Anda hanya tinggal menumbuk bawang putih sampai halus. Setelah itu oleskan kebagian panu yang muncul di kulit.

Minyak Zaitun 

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya dapat menghilangkan panu. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun langsung ke area panu. 

Kunyit 

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan ekstrak kunyit. Salah satu rempah ini mengandung cukup banyak antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu menghilangkan panu di kulit. 

Baca Juga: Menyegarkan Saat Diminum, Ternyata Ini 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Cuka Apel

Cuka apel juga mempunyai manfaat dapat dijadikan sebagai obat alami menghilangkan panu. Pasalnya, cuka apel mengandung bangak antijamur yang dapat membasmi jamur-jamur yang menyebabkan panu.

Anda bisa mengaplikasikan cuka apel ke bagian kulit yang khususnya bagian panu. 

Minyak Kelapa

Selain cuka apel, minyak kelapa juga mengandung banyak antijamur yang bisa menghilangkan panu di kulit. Gunakan minyak kepala secara rutin agar panu bisa cepat hilang. 

Lidah Buaya

Selain baik untuk kesehatan kulit kepala, ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu loh. Pasalnya, lidah buaya mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru