kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengecilkan Perut Buncit & Meratakan Perut Dalam 30 Hari


Senin, 28 Agustus 2023 / 06:46 WIB
Cara Mengecilkan Perut Buncit & Meratakan Perut Dalam 30 Hari
ILUSTRASI. Cara Mengecilkan Perut Buncit & Meratakan Perut Dalam 30 Hari


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengecilkan Perut - Jakarta. Simak cara mengecilkan perut bagi pria dan wanita. Cara mengecilkan perut ini bukan hanya untuk menghilangkan perut buncit tapi juga bisa bikin perut rata.

Cara mengecilkan perut penting diketahui bagi wanita maupun pria. Pasalnya, perut buncit adalah masalah banyak orang, baik pria ataupun wanita.

Perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Perut buncit juga mengundang berbagai penyakit berbahaya.

Dilansir dari Kompas.com, cara mengecilkan perut buncit dan mendapatkan perut rata bisa diperoleh dalam 30 hari saja. Pelatih kebugaran Swiss, Laura Endres memiliki tips ampuh yang cocok diterapkan untuk mengecilkan perut buncit dengan perpaduan diet dan olahraga.

Bukan hanya membatasi makanan, kita juga diharuskan menambahkan latihan beban dan berbasis kekuatan untuk mewujudkan keinginan itu.

Baca Juga: Cara Meratakan Perut Buncit, Lari atau Jalan Kaki Membakar Berapa Kalori?

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari

Tips ala Laura Endres ini cocok diaplikasikan jika kita ingin memiliki penampilan lebih baik saat liburan atau acara penting dengan perut rata. Kondisi fisik yang lebih bugar dan bebas lemak tentunya membuat kita makin percaya diri.

Berikut panduan cara mengecilkan perut buncit memiliki perut rata dalam 30 hari:

  • Membatasi porsi makanan

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang pertama adalah membatasi porsi makanan. Penelitian menunjukkan konsumsi porsi besar bisa menjadi salah satu penyebab utama obesitas. Endres menyarankan untuk membagi porsi makanan terlebih dahulu agar tidak makan berlebihan. “Saat Anda membaca label, Anda akan menemukan ukuran porsi yang direkomendasikan jauh lebih kecil dari yang Anda kira,” terangnya.

Konsumsi makanan padat nutrisi Perut yang rata bisa didapatkan dengan menghilangkan lemak dan menjaga berat badan ideal. Hindari makanan siap saji dan pilih makanan alami yang utuh, sehat dan kaya nutrisi.

"Anda akan memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan, membentuk otot, dan membentuk tubuh."

Pertimbangkan mengganti makanan ringan olahan dengan pilihan yang lebih alami seperti buah yang kaya serat. Selain itu, protein tanpa lemak, oatmeal kaya serat, dan lemak sehat seperti alpukat dapat membantu mengempiskan perut.

  • Minum lebih banyak air

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang kedua adalah minum lebih banyak air. Asupan air berperan penting untuk menurunkan lemak tubuh. “Kebanyakan orang mengalami dehidrasi dan bahkan tidak menyadarinya,” jelas Endres.

“Tubuh Anda bergantung pada air untuk melakukan sebagian besar fungsi, termasuk menghilangkan limbah dan membakar lemak. Dan, sering kali Anda akan merasa kenyang lebih lama jika minum banyak air.”

Selain itu, air meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh berfungsi tetap teratur.

  • Taktik 'Eat, Wait'

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang ketiga adalah taktik eat, wait. Endres menjelaskan taktik ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi terkontrol lalu menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah kita masih lapar.

Jika iya, kita bisa makan sedikit lebih banyak, sekitar setengah porsi. “Namun sering kali, Anda akan merasa puas,” terangnya.

Penting untuk tidak menahan diri saat merasa lapar karena kekurangan kalori dapat menyebabkan masalah lain seperti sembelit, disfungsi kekebalan, dan bahkan penambahan berat badan bagi sebagian orang.

  • Jalan kaki

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang keempat adalah rutin jalan kaki. Jalan kaki secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat perut rata.

Tak perlu olahraga secara khusus tapi membiasakan diri untuk lebih sering misalnya dengan menggunakan tangga atau jalan kaki saat belanja dibandingkan naik kendaraan. Berjalan selama 10 menit setelah makan dapat membantu pencernaan, jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan energi sekaligus kesehatan jantung dan paru-paru.

  • Latihan kekuatan untuk membangun otot bebas lemak

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang kelima adalah melakukan latihan kekuatan untuk membangun otot bebas lemak. Latihan kekuatan dengan beban berat badan sendiri atau resistance band untuk membentuk otot tanpa lemak sangatlah penting. Alasannya, otot membakar lebih banyak kalori jika dibandingkan dengan lemak.

Tetapkan rutinitas latihan efektif untuk membentuk otot sesuai keinginan kita. Gabungkan latihan seperti squat, plank, lunge, hanging leg raise, russian twists, dead bug, dan scissor kicks ke menu latihan fisik kita.

Pahami batasnya Kenali kebutuhan tubuh untuk tahu batasannya dan tidak berlebihan. “Beberapa orang berpikir mereka perlu melakukan olahraga yang sangat berat setiap hari untuk menjadi kurus," urai Endres.

Biasanya, hal itu hanya akan membuat orang semakin lelah dan lapar sehingga tubuhnya sulit pulih. Akibatnya, kita cenderung malas untuk melakukannya kembali dan gagal mendapatkan perut rata yang diimpikan.

Penyebab perut buncit

Diberitakan Kompas.com, Eat This Not That menyatakan ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa menjadi penyebab perut buncit:

1. Minum susu

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit pertama adalah minum susu. Beberapa orang sering minum susu sebelum tidur karena kandungan triptofan, asam amino yang bisa membantu tubuh rileks. Kendati demikian, konsumsi segelas susu di malam hari ternyata bisa menambah kalori ekstra di pinggang Anda.

The Nutrition Twins memperingatkan, kebiasaan minum susu di malam hari secara rutin bisa menambah berat badan sebanyak 12 pon. Penambahan berat badan itu sering kali muncul di area perut.

2. Minum kafein

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kedua adalah minum kafein. Penelitian Journal of Clinical Sleep Medicine menyimpulkan, konsumsi minuman kafein enam jam sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan penambahan berat badan.

Harvard Publishing melaporkan, kekurangan tidur berkaitan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin yang meningkatkan rasa lapar. Dikutip dari Daily Mail, salah satu efek samping yang tidak disadari dari minum kopi adalah penambahan berat badan, terutama lemak perut.

Minum kopi bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol dikenal sebagai hormon stres. Di malam hari, kadar kortisol dalam tubuh lebih rendah daripada pagi hari. Namun, jika mengonsumsi minuman berkafein, kortisol bakal meningkat dan memicu rasa stres sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

3. Scrolling media sosial

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit ketiga adalah scrolling media sosial. Bermain media sosial di malam hari ternyata bisa memicu timbunan lemak di perut.

Cahaya yang dipantulkan dari ponsel atau komputer mampu menekan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian yang akhirnya merusak jam tidur. Ketika rasa kantuk itu menghilang, otak menginginkan energi yang diperoleh dari konsumsi gula. Akibatnya, Anda akan cenderung mencari makanan manis untuk memenuhi hasrat tersebut.

4. Begadang

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit keempat adalah begadang. Dilansir dari Healthline, orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-7 jam dalam sehari. Penelitian jurnal JAMA Internal Medicine menyebut, kurang tidur berkaitan dengan penambahan berat badan.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa begadang bisa meningkatkan konsumsi kalori dan pola makan yang buruk. Menurut Sleep Stasion, kurang tidur selama 10 hari dapat menyebabkan penambahan satu pon berat badan.

5. Makan menjelang tidur

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kelima adalah makan menjelang tidur. Kebiasaan makan menjelang tidur juga bisa meningkatkan penambahan berat badan, terutama di area perut. Makan menjelang tidur mengakibatkan usus berfokus mencerna makanan.

Di sisi lain, kalori yang dikonsumsi menjelang tidur tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga berakhir pada penimbunan lemak, termasuk di sekitar perut. Idealnya, Anda sebaiknya makan paling lambat 3 jam sebelum tidur.

Itulah cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari. Jangan lupa untuk menghindari penyebab perut buncit agar lebih cepat rata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×