Cara Mengatasi Batu Ginjal, Konsumsi Obat Alami & Hindari Makanan Berikut

Selasa, 02 Agustus 2022 | 06:51 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mengatasi Batu Ginjal, Konsumsi Obat Alami & Hindari Makanan Berikut

ILUSTRASI. Cara Mengatasi Batu Ginjal, Konsumsi Obat Alami & Hindari Makanan Berikut


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sejumlah bahan makanan dan minuman di rumah bisa menjadi obat batu ginjal alami. Selain konsumsi obat batu ginjal alami, penderita juga harus menghindari sejumlah makanan penyebab batu ginjal.

Batu ginjal adalah benda asing yang tiba-tiba muncul sehingga banyak orang merasa cemas akan efeknya. Terlebih, kemunculannya sering tiba-tiba dan langsung menyebabkan masalah pada saluran kencing.

Perlu diketahui, batu ginjal adalah endapan keras menyerupai batu yang terbentuk dari zat tertentu di dalam ginjal. Mengutip Health.com, batu ginjal muncul karena tingginya kadar garam dan mineral lain di dalam urin.

Batu ginjal berukuran kecil seperti butiran pasir hingga bongkahan kerikil. Keberadaanya memang sering tidak terdeteksi. Namun, batu ginjal dapat menyebabkan gejala seperti nyeri punggung, mual, sering buang air kecil, hingga urin terkontaminasi darah.

Dikutip dari Healthline, batu ginjal sebenarnya dapat keluar melalui urin Anda tanpa perlu pengobatan atau treatment khusus. Kunci utama yang wajib dilakukan penderita batu ginjal adalah mengubah gaya hidup serta menjaga asupan agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: Selain Kentang, 4 Sayuran Ini Bisa Menurunkan Asam Urat Tinggi

Berikut 8 obat batu ginjal alami yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Air putih

Air putih adalah obat batu ginjal alami dan sederhana yang paling direkomendasikan. Air atau cairan dibutuhkan tubuh untuk memecah, mengeluarkan, serta mencegah pembentukan batu baru.

Selain itu, air putih juga dapat membantu sistem kerja ginjal. Orang yang memiliki batu ginjal harus minum air putih sebanyak 12 gelas dalam sehari.

2. Air lemon

Obat batu ginjal alami lainnya adalah ari lemon. Lemon dikenal sebagai buah segar yang cocok dijadikan bahan dasar di berbagai resep minuman. Sebagai pengobatan batu ginjal, Anda bisa memeras lemon dan mencampurnya dengan air lalu langsung diminum.

Selain itu, bisa juga meramu air, es batu, dan lemon lalu diblender menjadi jus lemon. Dilansir dari Healthline, lemon menjadi bahan alami ampuh yang bisa menyingkirkan batu ginjal karena memiliki kandungan sitrat.

Perlu Anda ketahui, sitrat bermanfaat dalam memecah batu ginjal menjadi ukuran lebih kecil atau serpihan agar dapat keluar dari tubuh dengan mudah. Selain itu, sitrat juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal dari mineral kalsium.

3. Kemangi

Obat batu ginjal alami yang berasal dari sayuran adalah kemangi. Kemangi mengandung asam asetat yang dapat membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit.

Selain asam asetat, daun kemangi juga kaya akan antioksidan serta antiinflamasi. Hal ini membuat orang yang rutin mengonsumsi daun kemangi dapat memiliki ginjal yang lebih sehat.

Anda dapat mengonsumsi kemangi segar sebagai lalapan atau bisa juga dibikin smoothie. Kendati demikian, penggunaan kemangi sebagai obat batu ginjal sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa berkhasiat sebagai obat batu ginjal alami. Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka sari apel juga membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda dapat menambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam seperempat gelas air. Lalu, Anda dapat meminum air campuran ini setiap hari.

Perlu diingat, jangan sampai mengonsumsi larutan cuka sari apel berlebihan karena dapat menyebabkan rendahnya kadar kalium dan osteoporosis.

5. Jus seledri

Minuman lain sebagai obat batu ginjal alami adalah jus seledri. Jus seledri sering digunakan sebagai pengobatan tradisional karena dapat membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal.

Anda dapat membuat jus dengan 1-3 batang seledri diberi air. Minumlah jus seledri setiap hari agar batu ginjal segera dapat dikeluarkan tubuh. Namun, jus seledri tidak boleh dikonsumsi jika Anda memiliki gangguan perdarahan dan tekanan darah rendah.

6. Jus buah delima

Jus buah delima juga bisa berkhasiat sebagai obat batu ginjal alami. Jus delima memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Antioksidan pada buah delima juga berperan dalam mencegah batu ginjal berkembang. Hal ini karena antioksidan tersebut bisa mengurangi stres oksidatif atau kondisi saat jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Baca Juga: 5 Olahraga Menurunkan Berat Badan Mudah untuk Anda Lakukan, Mau Coba?

7. Kacang merah

Makanan lain sebagai obat batu ginjal alami adalah kacang merah. Kacang merah merupakan jenis kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi beragam menu masakan.

Untuk mengobati batu ginjal, Anda dapat merebus kacang merah dengan air. Lalu, setelah tidak terlalu panas, Anda dapat langsung meminum air rebusan atau kaldu kacang merah. Selain dibikin kaldu, Anda juga bisa menyiapkan hidangan sup kacang merah sebagai menu sarapan.

8. Rumput gandum

Obat batu ginjal alami lainnya adalah rumput gandum. Wheatgrass atau rumput gandum makin populer untuk diet sehat.

Olahan rumput gandum tersedia dalam berbagai bentuk, seperti jus, kapsul, bubuk, hingga ekstrak cair. Konsumsi jus rumput gandum dapat meningkatkan aliran urin sehingga membantu mengeluarkan batu ginjal. Bukan hanya itu, rumput gandum juga dapat menjaga kebersihan ginjal.

Makanan penyebab batu ginjal

Agar obat batu ginjal alami di atas efektif, Anda juga harus menjauhi sejumlah makanan penyebab batu ginjal. Makanan penyebab batu ginjal ini juga perlu dikurangi sejak dini untuk mencegah batu ginjal.

Makanan penyebab batu ginjal antara lain:

1. Makanan tinggi oksalat

Makanan penyebab batu ginjal yang pertama adalah makanan tinggi oksalat. Mengutip WebMD, terlalu banyak makan makanan tinggi oksalat dapat menjadi penyebab pembentukan batu ginjal jenis kalsium oksalat.

Oksalat tergandung dalam banyak tanaman, sehingga sulit untuk menghindari sepenuhnya. Sehingga, makanan yang mengandung oksalat tinggi perlu dibatasi untuk dikonsumsi, meliputi: Bayam Kacang almond dan mete Okra Bit Sup miso Kentang dengan kulit Raspberi Ubi jalar Sereal dedak dan sereal gandum Bubuk kokoa.

Namun, jika Anda makan atau minum yang kaya oksalat bersamaan dengan mengkonsumsi kalsium, itu dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Hal itu karena dapat membantu oksalat mengikat kalsium selama di pencernaan, tidak di ginjal. Misalnya, Anda memasangkan salad bayam dengan keju rendah lemak atau mencampurkan kacang atau beri dengan yogurt.

2. Makanan tinggi garam

Makanan penyebab batu ginjal yang kedua adalah makanan tinggi garam. Mengutip WebMD, jika Anda makan banyak natrium, urin dapat mengandung garam yang merupakan zat penyebab pembentukan batu ginjal.

Kerja garam dalam urin salah satunya dapat meningkatkan jumlah kalsium Anda. Setelah Anda selesai makan tinggi natrium, oksalat ekstra apa pun "menempel" pada kalsium di ginjal. Itu bisa menghasilkan batu ginjal kalsium oksalat.

Makanan tinggi garam yang harus dihindari untuk mencegah batu ginjal, misalnya:

  • Makanan kaleng
  • Daging kemasan
  • Makanan cepat saji

3. Protein hewani

Makanan penyebab batu ginjal yang ketiga adalah protein hewani berlebih. Mengutip WebMD, mengkonsumsi protein hewani berlebihan dapat meningkatkan peluang Anda terkena sebagian besar jenis batu ginjal.

Makanan kaya protein hewani yang dapat menjadi penyebab pembentukan batu ginjal, sehingga perlu dibatasi meliputi: Daging merah, seperti sapi, domba, dan babi Daging unggas Telur Ikan Susu dan produk susu.

Itulah daftar obat alami batu ginjal dan makanan yang harus dihindari karena bisa menjadi penyebab batu ginjal.

(Penulis : Shintaloka Pradita Sicca, Elizabeth Ayudya Ratna Rininta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru