Cara Mencuci Beras dengan Baik dan Benar, Ini Alasannya

Selasa, 15 Februari 2022 | 15:16 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mencuci Beras dengan Baik dan Benar, Ini Alasannya

ILUSTRASI. Sebelum memasak nasi penting untuk mencuci beras dulu. Ini alasan mencuci beras dengan baik dan benar.


KONTAN.CO.ID - Sebelum memasak nasi penting untuk mencuci beras dulu. Berikut ini cara mencuci beras dengan baik dan benar.

Anda tahu alasannya kenapa? Beras telah melalui beberapa proses yang cukup panjang yang berpotensi membuatnya cenderung tidak bersih. 

Dalam mencuci beras, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, jika tidak melakukannya dengan benar, kotoran atau bakteri akan menempel pada nasi yang akan Anda konsumsi.

Jika hal tersebut dibiarkan, berpotensi menimbulkan penyakit dan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Umumnya, jika beras tidak dicuci dengan benar, akan muncul sakit perut atau diare serta nasi cenderung tidak terlalu enak untuk dimakan.

Baca Juga: 4 Arti Status Warna Kode QR PeduliLindungi, Simak!

​Alasan pentingnya mencuci beras

Dilansir dari Realsimple, berikut beberapa alasan pentingnya mencuci beras sebelum dimasak menjadi nasi:

1. Agar beras bersih

Beras melewati beberapa tahapan, mulai dari pesawahan, lalu dijual ke pasar atau mini market baru sampai di rumah. Selama perjalanan tersebut, beras sangat berpotensi terkontaminasi oleh bakteri atau penyakit.

Oleh karena itulah, pentingnya mencuci beras dengan bersih adalah untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada butiran beras.

2. Agar beras terhidrasi

Selain untuk kebersihan beras, mencuci beras juga dilakukan untuk menghidrasi beras sehingga beras menyerap air. Hal tersebut membuat akan cepat matang saat dimasak.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu, Bisa Turunkan Berat Badan?

3. Agar nasi enak dan tidak lengket

Alasan ketiga mencuci beras adalah, agar nanti nasi tidak lengket dan membuat nasi menjadi lebih enak. Sebab, jika beras tidak dicuci, butiran beras masih dilapisi oleh lapisan sari tepung yang akan berpengaruh saat beras sudah dimasak.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru