Cara mencegah serangan jantung kambuh lagi

Rabu, 16 Juni 2021 | 15:49 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mencegah serangan jantung kambuh lagi

ILUSTRASI. tetap aktif, salah satu cara mencegah serangan jantung kambuh lagi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tidak selamanya serangan jantung mengakibatkan kematian. Namun, setelah serangan jantung yang pertama, orang harus mencegahnya agar tidak datang lagi. Simak cara mencegah serangan jantung agar tidak kambuh lagi

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis. Gangguan kesehatan ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Padahal darah diperlukan untuk membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung.

Jika tidak ada cukup darah yang mengalir ke otot jantung, bagian yang terkena bisa rusak atau mati. Kondisi ini berbahaya dan mematikan. Meski serangan jantung bisa mematikan, beberapa orang dapat selamat dari kejadian ini.

Jika Anda termasuk orang yang pernah mengalami serangan jantung, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan jantung lagi di kemudian hari dan membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Ingatlah bahwa saat mengadopsi gaya hidup sehat setelah mengalami serangan jantung, Anda perlu menetapkan tujuan yang "SMART". "SMART" merupakan singkatan dari: Specific (spesifik atau khusus) Measurable (terukur) Attainable (dapat tercapai) Realistic (realistis atau sesuai) Time-oriented (batas waktu).

Berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung kambuh kembali:

Baca juga: Tak hanya menyehatkan jantung, ini manfaat jengkol untuk kesehatan

1. Jaga pola makan sehat

Cara pertama menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung kambuh lagi adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Membuat rencana makan yang sehat menjadi salah satu cara terbaik untuk memerangi penyakit kardiovaskular.

Anda dapat mulai dengan melacak berapa banyak kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Temukan berapa banyak kalori yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan sehat dan jangan sampai berubah lagi ke angka tidak sehat.

Cobalah untuk menghindari atau membatasi makanan yang memiliki sedikit nutrisi dan banyak kalori sesering mungkin. Batasi asupan lemak jenuh, lemak trans, natrium, daging merah, makanan manis, dan minuman manis.

Selain itu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari makan makanan olahan yang cenderung mengandung natrium dan gula, serta konsumsi alkohol dalam jumlah sedang. Sebaliknya, bila tersedia, makanlah lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan minyak sehat.

Simak cara menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung kambuh lagi di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru