kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membuat Infused Water Untuk Kolesterol, Cek Minuman Penurun Kolesterol Lainnya


Jumat, 09 Juni 2023 / 13:27 WIB
Cara Membuat Infused Water Untuk Kolesterol, Cek Minuman Penurun Kolesterol Lainnya
ILUSTRASI. Cara Membuat Infused Water Untuk Kolesterol, Cek Minuman Penurun Kolesterol Lainnya


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Infused Water untuk Kolesterol - Infused water untuk menurunkan kolesterol bisa dibuat sendiri. Selain infused water, sejumlah minuman penurun kolesterol juga bisa dikonsumsi secara rutin agar kolesterol kembali ke level normal.

Infused water untuk menurunkan kolesterol adalah salah satu cara alternatif yang mudah dilakukan. Diberitakan Nakita.grid.id, salah satu infused water untuk menurunkan kolesterol adalah menggunakan bahan biji ketumbar.

Biji ketumbar mengandung antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolestrol, meningkatkan Kesehatan jantung, dan menutunkan tekanan darah.

Biji ketumbar memiliki sifat diuretik alias peluruh kencing. Sifat ini membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat racun melalui urine.  

Kaitannya dalam hal ini karena kolesterol tinggi tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diobati. Salah satu pengobatan secara alami adalah melalui infused water biji ketumbar yang efektif mengatasi kolesterol tinggi.  

Apabila kadar kolestrol tinggi dibiarkan dapat memicu komplikasi penyakit seperti penyakut jantung.   Umumnya, kolesterol tinggi muncul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Penderita Kolesterol, Kemenkes Beberkan 5 Buah untuk Usir Zat Lemak

Menurut buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, kolesterol tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor seperti di antaranya;

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi seperti kuning telur, otak, jeroan, margarin, cumi-cumi, dan santan.  
  • Obesitas  
  • Kurang olahraga
  • Stres
  • Merokok

Meski kolesterol tinggi bisa dicegah dengan beberapa cara yakni olahraga teratur, makan makanan mengandung serat tinggi, menjaga berat badan, hindari merokok, dan stres. Akan tetapi, apabila Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya segera merubah pola hidup.

Biasanya, para penderita kolesterol tinggi mengonsumsi obat kimia untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, terdapat pula alternatif lain yakni dengan minum  infused water biji ketumbar tersebut.

Cara membuat infused water untuk menurunkan kolesterol dengan bahan biji ketumbar cukup mudah. Berikut cara membuat infused water untuk menurunkan kolesterol:

  • Sediakan segenggam biji ketumbar.
  • Cuci biji ketumbar lalu masukkan ke dalam air secukupnya.  
  • Rendam biji ketumbar tersebut semalaman.
  • Saat pagi, minum infused water biji ketumbar secara sekaligus.
  • Sebaiknya minum infused water biji ketumbar sebelum makan.

Selain menurunkan kolesterol, minuman ini juga bermanfaat mengotrol kadar gula darah.

Minuman penurun kolesterol tinggi

Dilansir dari Health.grid.id, berikut ini sederet minuman penurun kolesterol tinggi yang tidak ada salahnya untuk dicoba.

1. Teh jahe

Minuman penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah teh jahe. Melansir Live Strong, jahe sudah sejak lama digunakan dalam berbagai metode pengobatan tradisional, untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Penelitian dari University of Maryland Medical Center telah menemupakan kalau teh jahe mampu menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis.

2. Teh hitam

Minuman penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah teh hitam. Teh hitam kaya akan antioksidan.

Antioksidan yang terkandung dalam teh ini, berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Teh hitam juga mampu mengontrol gula sarah, tekanan darah, dan menjaga kesehatan perut.

3. Minuman probiotik

Dilansir dari Cleanplates, minuman penurun kolesterol tinggi yang lainnya adalah yang mengandung probiotik.

Meminum minuman probiotik (bakteri baik) dan prebiotik (serat tidak larut), serta posbiotik (bentuk limbah), semua berkontribusi pada kesehatan.

4. Air lemon

Minuman penurun kolesterol tinggi selanjutnya yang boleh dicoba adalah air lemon, yang tinggi akan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan.

Dari penelitian yang diterbitkan dalam Nigerian Journal of Physiological Sciences, ditemukan bahwa minum air lemon rutin selama sebulan bisa menurunkan kolesterol jahat secara signifikan.

Itulah cara membuat infused water untuk menurunkan kolesterol dan daftar minuman penurun kolesterol tinggi lainnya. Jangan lupa minum obat penurun kolesterol dari dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×