Tips Sehat

Cara membuat disinfektan dengan bahan yang mudah Anda temukan

Jumat, 24 Juli 2020 | 14:08 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat disinfektan dengan bahan yang mudah Anda temukan

ILUSTRASI. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruang karaoke saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan di F3X Executive Club, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/7/2020). Cara membuat disinfektan juga bisa Anda lakukan dengan mudah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat pandemi virus corona baru, Anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan termasuk menyemprotkan disinfektan. Tapi, Anda bisa membuat disinfektan dengan bahan yang mudah ditemukan.  

Melansir Huff Post, ada cara membuat disinfektan yang bisa Anda coba. Bahan yang Anda butuhkan adalah hydrogen peroxide, isopropyl alcohol, dan pemutih.

Hydrogen peroxide sangat ampuh untuk membasmi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan virus. Anda membutuhkan 3% hydrogen peroxide untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada permukaan benda.

Isopropyl alcohol juga terbukti sebagai disinfektan berkualitas karena dapat membunuh kuman. Anda perlu menyediakan isopropyl alcohol dengan konsentrasi 70% untuk bahan disinfektan pembasmi virus corona.

Baca Juga: Banyak kasus baru corona dari perkantoran, ini panduan aman selama di kantor

Yang perlu Anda perhatikan, menggunakan isopropyl alcohol bisa membuat warna plastik memudar. Jadi, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang akan dibersihkan memakai bahan ini.

Cara membuat disinfektan selanjutnya adalah dengan menyiapkan pemutih atau bleach. Anda perlu mendiamkan disinfektan selama 10 menit sebelum digunakan.

Hanya, cara membuat disinfektan dengan pemutih tidak disarankan untuk Anda campurkan dengan bahan kimia lain, seperti amonia. Sebab, kombinasi keduanya bisa berbahaya.

Mengutip Huff Post, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan disinfektan.

Baca Juga: Begini protokol kesehatan di pesantren saat pandemi virus corona

Pertama-tama, gunakan sarung tangan yang dapat Anda pakai lagi atau sarung tangan sekali pakai saat memakai disinfektan. Lalu, bersihkan permukaan benda-benda menggunakan air dan sabun terlebih dahulu, baru kemudian dengan memakai disinfektan.

Membersihkan permukaan benda dengan air dan sabun akan mengurangi jumlah kuman. Sedang disinfektan berfungsi untuk membunuh sisa kuman yang masih menempel.

Menurut CDC, Anda harus membersihkan permukaan benda secara rutin dan mengikuti instruksi pembersihan yang dimiliki tiap benda, agar barang-barang itu tidak rusak. Setelah dibersihkan, cuci tangan Anda secara menyeluruh menggunakan sabun dan air mengalir.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru