Kesehatan Anak

Cara membersihkan telinga bayi, bisa pakai lap basah

Jumat, 18 September 2020 | 10:37 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membersihkan telinga bayi, bisa pakai lap basah

ILUSTRASI. Tak semua kotoran telinga bayi menimbulkan masalah. Namun, jika sudah menumpuk, cara membersihkan telinga bayi perlu Anda lakukan. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara membersihkan telinga bayi yang bisa dilakukan oleh orangtua. Karena tak semudah yang dibayangkan, Anda perlu mencari cara yang sesuai dengan kondisi bayi agar proses pembersihannya tetap aman.

Kotoran telinga merupakan hal yang normal diproduksi oleh tubuh manusia. Kelenjar di telinga memproduksi semacam cairan penyaring kotoran yang masuk ke telinga. Kotoran telinga bayi biasanya lebih ringan dan kecil dibandingkan kotoran telinga orang dewasa.

Kotoran telinga bisa keluar sendiri, tapi beberapa kasus menunjukkan kotoran telinga bisa menumpuk lebih cepat. Jika dibiarkan, hal itu bisa menyebabkan masalah. Cara membersihkan telinga bayi berikut bisa Anda coba untuk menghindari timbulnya masalah.

Cara Membersihkan Telinga Bayi Menggunakan Lap Basah

Mengutip dari The Bump, menggunakan lap basah merupakan cara membersihkan telinga bayi yang direkomendasikan oleh banyak dokter anak. Cara ini dilakukan untuk membersihkan telinga bagian luar, jadi jangan memaksakan untuk membersihkan telinga bayi bagian dalam.

Pertama, celupkan lap dalam air hangat (pastikan air yang digunakan tak terlalu panas, ya). Setelah itu, peras lap agar tak ada air berlebih yang tertinggal di telinga bayi nantinya. Gosokkan lap basah di telinga bayi bagian luar secara lembut untuk membersihkan kotoran.

Baca Juga: Ini bahaya bersihkan telinga dengan korek kuping

Cara Membersihkan Telinga Bayi Menggunakan Obat Tetes

Cara membersihkan telinga bayi lainnya yang direkomendasikan The Bump adalah menggunakan obat tetes. Cara ini dilakukan saat ada kotoran yang menumpuk di luar telinga. Namun, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter anak sebelum menggunakan obat tetes telinga apapun, ya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menggunakan cara ini. Pertama, pastikan bayi dalam keadaan tenang saat Anda menggunakan obat tetes untuk membersihkan telinganya. 

Kedua, gunakan obat tetes sesuai dengan takaran. Biasanya, Anda hanya perlu memberikan satu tetes. Ketiga, baringkan bayi selama lima menit untuk benar-benar memastikan obat tetes masuk ke kanal telinga.

Baca Juga: Awas, cotton bud bisa merusak telinga

Jangan Lakukan Ini untuk Membersihkan Telinga Bayi

The Bump juga mengingatkan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk membersihkan telinga bayi. Sebaiknya, jangan membersihkan telinga bayi menggunakan cotton bud atau jari karena bisa merusak gendang telinga dan menyebabkan masalah lainnya.

Selain itu, tidak semua kotoran telinga menyebabkan masalah. Cara membersihkan telinga bayi yang telah dijelaskan sebelumnya bisa Anda lakukan jika sudah mendapat izin dari dokter anak yang lebih tahu kondisi bayi Anda.

Selanjutnya: Begini cara membersihkan kotoran telinga secara medis

Editor: Belladina Biananda


Terbaru