kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Jitu Turunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Ini Bahan Apa Saja yang Dibutuhkan


Senin, 11 September 2023 / 15:51 WIB
Cara Jitu Turunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Ini Bahan Apa Saja yang Dibutuhkan
ILUSTRASI. Cara Jitu Turunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Ini Bahan Apa Saja yang Dibutuhkan.


Penulis: Tiyas Septiana

Cara Menurunkan Gula Darah  -  Menjaga agar kadar gula darah tidak melonjak naik penting dilakukan oleh penderita penyakit diabetes. Pasalnya kadar gula darah yang melambung bisa menyebabkan kerusakan pada organ dan memperburuk kesehatan pasien. 

Bersumber dari situs Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, penderita diabetes di Indonesia masuk dalam kategori tinggi. Terdapat sekitar 8,5 juta orang di Indonesia yang menderita penyakit gula ini. 

Umumnya diabetes menyerang masyarakat usia 20-79 tahun. Berdasarkan riset dari International Diabetes Federation (IDF), kebanyakan penderita penyakit kencing manis atau diabetes tidak menyadari gejala penyakit ini. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Melonjak Naik Dilihat dari Kaki, Perhatikan Gejalanya Ini

Beberapa gejala awal yang umum diderita pasien diabetes diantaranya; 

  • Buang air kecil lebih sering
  • Sering merasa lapar
  • Sakit kepala
  • Pandangan memudar

Merangkum dari situs Alodokter, berikut ini beberapa makanan yang bisa menurunkan gula darah tinggi pasien diabetes. 

Tomat

Buah tomat mengandung anthocyanin dan likopen yang tergolong sebagai antioksidan. Zat yang terkandung dalam tomat ini bahkan dikatakan memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

Suatu penelitian terhadap hewan di laboratorium juga menunjukkan bahwa likopen yang banyak terdapat dalam buah dan sayur, seperti tomat maupun tomat ceri, dapat memperbaiki kinerja insulin, sehingga kadar gula darah dapat menurun.

Ceri

Selain tomat, buah ceri juga kaya akan anthocyanin yang mampu memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin. 

Jika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, hormon tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang badam atau almond, dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah.

Dalam salah satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kira-kira 30 gram almond atau kacang-kacangan lain setiap harinya memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dan stabil.

Baca Juga: Perhatikan Tips Memilih Telur yang Baik Ini Agar Telur yang Anda Beli Berkualitas

Cuka sari apel

Untuk menurunkan kadar gula darah, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan cuka apel yang sudah dicampur dengan segelas air.

Cuka apel yang mengandung banyak antioksidan diduga dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, namun belum jelas bagaimana cara kerja dan efeknya secara langsung terhadap pengobatan diabetes.

Alpukat

Buah selanjutnya yang dapat menurunkan kadar gula darah tinggis ecara alami adalah alpukat. Berdasarkan penelitian, alpukat dapat menurunkan risiko diabetes berkat kandungan lemak sehat dan mineral di dalamnya. 

Nutrisi ini bekerja dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga kadar gula darah lebih mudah menurun.

Makanan tinggi protein

Salah satu jenis makanan penurun gula darah yang efektif adalah makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan. 

Telur dan ikan juga mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga stabilnya kadar gula darah. 

Jenis makanan ini tak hanya baik untuk diabetes, namun juga dapat mencegah penyakit jantung.

Fenugreek

Biji fenugreek yang disebut juga kelabat atau hulbah kaya akan serat larut. Serat larut membantu menurunkan gula darah dengan cara memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga kadar gula darah tidak naik dengan drastis.

Herba yang satu ini juga dapat meningkatkan efektivitas insulin, sehingga sel tubuh dapat menggunakan glukosa dengan lebih baik. Hasilnya, kadar gula darah pun akan lebih mudah turun.

Selain daftar makanan di atas, daun binahong juga bisa menurunkan gula darah. Rebusan daun herbal ini dipercaya dapat mengobati diabetes, dengan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×