kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Buat penderita jantung koroner, hindari makanan ini


Jumat, 07 Februari 2020 / 03:00 WIB
Buat penderita jantung koroner, hindari makanan ini

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pederita jantung koroner wajib menghindari beberapa makanan tertentu agar penyakit tidak semakin parah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia.

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, menjelaskan penyakit jantung ada beberapa macam. Salah satu yang paling sering masyarakat idap adalah penyakit jantung koroner. Penyebabnya, kerusakan pembuluh darah jantung atau arteri koroner.

"Kerusakan itu terjadi karena adanya tumpukan ateroma di dinding arteri," kata dokter Santi kepada Kontan.co.id beberapa waktu lalu. Sekadar info, ateroma terdiri dari kolesterol dan zat sisa hasil metabolisme tubuh.

Baca Juga: Apakah Anda penderita ambeien? Ini makanan yang baik untuk Anda

Bagi pengidap jantung koroner, sebaiknya mulai mengatur jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ini untuk meminimalisasi parahnya penyakit yang diderita. Berikut daftar makanan yang harus dihindari:   

Makanan mengandung garam berlebih

Penderita jantung koroner sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan. Mengutip Kompas.com, penderita penyakit ini sebaiknya mengonsumsi garam tidak lebih dari 1.500 mg.

Saat tubuh kelebihan garam, ginjal akan menyesuaikan kadar cairan dalam darah. Efeknya, volume dan tekanan darah semakin meningkat. Jantung pun harus bekerja ekstra keras menyalurkan darah ke seluruh tubuh ketika tubuh.

Baca Juga: Terinfeksi virus demam berdarah? Hindari makanan dan minuman ini




TERBARU

Close [X]
×