kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Apakah Anda penderita ambeien? Ini makanan yang baik untuk Anda


Selasa, 21 Januari 2020 / 10:10 WIB
Apakah Anda penderita ambeien? Ini makanan yang baik untuk Anda

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita ambeien sebaiknya mulai atur makanan yang dikonsumsi agar saluran pembuluh darah di rektum tidak terus membengkak. Penderita bisa mulai mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk menjaga pencernaan.

Ambien alias wasir adalah penyakit yang disebabkan pembengkakan anyaman pembuluh darah di usus bagian akhir (rektum). Asal tahu saja, anyaman tersebut berfungsi sebagai katup agar tinja tidak mudah keluar.

Baca Juga: Hati-hati, tak semua kopi baik untuk kesehatan tubuh

Anyaman pembuluh darah ini juga berfungsi sebagai pelindung di bagian anus agar tidak lecet ketika buang air besar.

Dokter Susanti menjelaskan penyakit ini dipicu karena banyak hal seperti terlalu lama nongkrong ketika buang air besar. Penyebab lainnya kemunculan penyakit ini adalah kegemukan, kehamilan, berdiri atau duduk terlalu lama, dan sering mengejan ketika buang air besar.

"Badan gendut menambah tekanan di dalam perut atau pembuluh darah ketika buang air besar," jelas dokter Santi.

Bila wasir semakin parah, penderita sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pengobatan. Dokter Santi menjelaskan ada tiga macam pengobatan yang bisa dilakukan.

Pertama, dokter akan mengikat wasir dengan karet selama seminggu. Pengobatan ini sering disebut dengan rubber band ligation.

Kedua, dokter akan menyuntikkan ke dalam wasir. Efeknya, wasir akan mengecil setelah enam minggu. Pengobatan ini sering disebut dengan sclerotherapy.

Ketiga, dokter akan menawarkan untuk operasi bila wasir sudah sangat parah.

Untuk penderita wasir ringan tidak perlu ke dokter karena bisa melakukan pengobatan sendiri. Bila Anda menderita penyakit ini sebaiknya simak baik-baik cara penanggulangannya.

Anda bisa melakukan olahraga bersifat aerobik secara teratur. Anda sebaiknya tidak lagi nongkrong terlalu lama ketika buang air besar.

Baca Juga: Hati-hati, ini risiko main ponsel sebelum tidur

Anda menjaga kesehatan anus serta tidak mengkonsumsi obat yang menimbulkan efek susah buang air besar.

Selain itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga saluran pencernaan tetap baik. Berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda konsumsi sebagai penderita wasir.  




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×