kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah Ini Bisa Turunkan Tensi Tinggi Secara Alami, Pas Buat Jaga Tensi Tetap Normal


Senin, 11 September 2023 / 09:08 WIB
Buah Ini Bisa Turunkan Tensi Tinggi Secara Alami, Pas Buat Jaga Tensi Tetap Normal
ILUSTRASI. Buah Ini Bisa Turunkan Tensi Tinggi Secara Alami, Pas Buat Jaga Tensi Tetap Normal.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Beberapa buah-buahan memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan tekanan darah (tensi) tinggi dan menjaganya agar tetap normal. 

Penderita hipertensi perlu mengonsumsi obat-obatan anti-hipertensi dan menghindari makanan mengandung garam dan lemak, Anda bisa menjaga tensi tetap normal dengan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan darah tinggi. 

Buah menjadi salah satu alternatif yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Merangkum dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair), berikut ini daftar buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: PCPM BI 2023 Dibuka, Simak Syarat Daftar PCPM Angkatan 38 Tahun Ini

Semangka

Selain pisang, buah semangka juga baik untuk penderita penyakit tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. 

Buah semangka juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Buah delima

Menurut penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah). 

Meski begitu, belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah kiwi

Buah kiwi mungkin tidak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, mengingat buah ini adalah buah impor dan harganya yang kurang terjangkau. 

Namun buah yang memiliki kulit berbulu dan daging buah berwarna kehijauan ini mampu menurunkan tensi darah.

Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Melonjak Naik Dilihat dari Kaki, Perhatikan Gejalanya Ini

Pisang

Pisang adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi rutin oleh penderita hipertensi. Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

Anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal favorit hingga membuat smoothies dari buah ini.

Anggur

Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

Buah bit

Buah bit juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi buah tersebut. 

Hal ini dikarenakan kandungan nitrat di dalam buah bit berperan dalam penurunan tekanan darah di dalam tubuh.

Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti membatasi asupan garam, membatasi konsumsi alkohol dan kafein, mengelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga.

Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai jika cara-cara di atas belum mampu mengontrol tekanan darah

Jika cara-cara tersebut belum berhasil mengelola tekanan darah, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan darah tinggi yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×