Bisa turunkan gula darah, ini 5 manfaat daun kelor

Sabtu, 11 September 2021 | 07:29 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa turunkan gula darah, ini 5 manfaat daun kelor

ILUSTRASI. Daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tak heran, bahan pangan ini belakangan menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika Serikat (AS).

Tingginya minat pasar global pada superfood ini disampaikan pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi.

Sejak 2011, pria yang akrab disapa Kang Dudi ini mulai membudidayakan daun kelor sebagai produk pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi di wilayah Blora dan Nusa Tenggara Timur.

“Kelor sudah digunakan di banyak negara yang menderita malnutrisi, stunting, yang kemudian sudah lepas dari masalah itu. Kelor diakui WHO dan FAO mampu menangani malnutrisi,” jelas Dudi saat ditemui Kompas.com, di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Sabtu (5/9/2021).

Penemu Moringa Nutrition Lock Methods atau metode pengunci nutrisi kelor ini menyebutkan, tanaman kelor cocok ditanam di wilayah berlimpah sinar matahari seperti Indonesia. Namun, ia mewanti-wanti agar pengolahan bahan alami ini harus tepat agar kandungan nutrisinya konsisten dan tidak jadi bumerang untuk kesehatan.

Baca Juga: Orangtua harus waspada, ini 10 gejala diabetes tipe 1 pada anak

Perlu diketahui, superfood adalah pangan fungsional yang bernilai gizi tinggi dan kaya antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Selain daun kelor, bahan pangan yang dikenal dengan superfood lainnya yakni antaranya ganggang chlorella, goji berry, spirulina, cokelat, wheat grass, camu camu, dan acai.

Berikut beberapa potensi manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Bergizi tinggi

Melansir bukuTanaman Kelor: Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha (2018) oleh F.G. Winarno, daun kelor memiliki protein, vitamin A, kalium, kalsium, dan vitamin C yang lebih tinggi ketimbang bahan pangan populer lain.

Sebanyak 100 gram daun kelor kering mengandung protein dua kali lebih tinggi dari yoghurt, vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, kalsium empat kali lebih tinggi dari susu, dan vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.

Baca Juga: Viral video pasangan gancet, ini penyebab dan penjelasan medisnya

Tak hanya zat gizi penting di atas. Melansir Healthline, daun kelor juga mengandung vitamin B6, zat besi, magnesium, serta riboflavin B2. Perlu diingat, daun kelor punya efek samping yakni punya kadar antinutrien yang tinggi.

Apabila dikonsumsi berlebihan, asupan ini dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein. Untuk mencegah efek negatifnya, Anda disarankan mengonsumsi daun kelor bersama makanan bergizi lain agar kecukupan nutrisi tetap terjaga.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru