Viral video pasangan gancet, ini penyebab dan penjelasan medisnya

Rabu, 08 September 2021 | 23:20 WIB Sumber: Kompas.com
Viral video pasangan gancet, ini penyebab dan penjelasan medisnya

KONTAN.CO.ID - Media sosial diramaikan dengan sebuah video yang memperlihatkan pasangan gancet. Berikut ini penyebab gancet dan penjelasan medisnya.

Istilah gancet mengacu pada kondisi ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina ketika sedang melakukan hubungan intim. 

Tak heran, fenomena pasangan gancet pun ramai dibincangkan. Banyak orang kemudian mencari tahu arti gancet dan penyebabnya. 

Ternyata, istilah medis untuk kondisi tersebut adalah penis captivus. Meski terdengar tak masuk akal, kondisi ini mungkin terjadi. 

Meskipun, menurut Healthline, penis captivus sangat jarang terjadi. Yakni, kondisi ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina ketika sedang melakukan hubungan intim. 

Baca Juga: Waspada gula darah tinggi, ini 8 penyakit yang bisa muncul

Medical News Today menyebutkan, selama berhubungan intim, aliran darah akan mengalir ke penis dan terjadi ereksi sebagai persiapan untuk hubungan seksual. 

Pada wanita, dinding vagina akan mengendur dan vulva terlumasi untuk persiapan penetrasi. 

Dinding vagina terdiri dari jaringan otot yang akan mengembang dan berkontraksi pada waktu berbeda ketika berhubungan intim, seperti saat orgasme. Kontraksi ini bisa sangat kuat dan terkadang lebih kuat dari biasanya. 

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, vagina dapat berkontraksi dengan cukup kuat sehingga pasangan sulit untuk memisahkan organ intimnya.

Melansir BBC, dokter seksual senior dari Inggris, John Dean menjelaskan, otot-otot dasar panggul wanita berkontraksi secara berirama ketika orgasme. 

Baca Juga: Bisa Anda coba, sayur dan buah ini efektif bisa menurunkan gula darah

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru