kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa turunkan berat badan, catat ragam manfaat terong untuk kesehatan


Kamis, 03 Desember 2020 / 17:44 WIB
Bisa turunkan berat badan, catat ragam manfaat terong untuk kesehatan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang menyukai terong. Selain rasanya yang lezat, terong juga banyak mengandung vitamin, nutrisi, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Dalam 82 g terong, Anda bisa mendapat 20 kalori, 5 g karbo, 3 g serat, dan 1 g protein. Kandungan tersebut membuat manfaat terong bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kaya Antioksidan

Radikal bebas yang terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit karena merusak sel-sel dalam tubuh. Untuk menghindari terjadi hal itu, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak antioksidan. Salah satunya adalah terong.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), antioksidan dalam terong mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit jantung. Salah satu jenis antioksidan yang banyak ditemukan dalam terong bernama anthocyanin.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Manfaat terong selanjutnya cocok digunakan oleh penderita diabetes. Serat dalam terong berguna untuk mengontrol jumlah gula darah dengan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh.

Baca Juga: Leunca punya segudang manfaat, mulai redakan pusing hingga kanker

Selain itu, polyphenol dalam terong juga berfungsi untuk meningkatkan pengeluaran insulin sehingga gula darah lebih terkontrol. Penderita diabetes bisa mengonsumsi terong dengan cara mengkombinasikannya dengan makanan berserat lain sehingga diabetes bisa teratasi dengan baik.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat terong adalah menurunkan berat badan seseorang.

Karena hanya mengandung 20 kalori dalam 82 g terong, sumber makanan ini cocok Anda konsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Serat yang ada di terong pun dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih menjadi berkurang.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, penyakit kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi terong karena adanya kandungan antioksidan. Selain itu, pertumbuhan sel kanker juga bisa dicegah karena adanya rhammosyl glycoside.

Baca Juga: Khasiat sawi putih bagi penderita penyakit ginjal dan yang jalani program diet

Melansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sel kanker bisa mati pada binatang percobaan yang diberi rhammosyl glycoside. Kandungan dalam terong tersebut juga efektif mengatasi kanker kulit. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Anda bisa mendapat manfaat terong tersebut dengan mengonsumsinya secara rutin. Ada bayak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah terong. Mulai dari memanggang, merebus, dan membakarnya. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan sumber makanan bergizi lainnya.

Selanjutnya: Ini manfaat terong belanda untuk kesehatan tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×