Bisa tingkatkan imunitas tubuh, ini 5 makanan sehat yang tinggi vitamin D

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 10:30 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Bisa tingkatkan imunitas tubuh, ini 5 makanan sehat yang tinggi vitamin D

KONTAN.CO.ID - MemangVitamin D satu-satunya nutrisi yang tubuh Anda produksi saat terkena sinar matahari. Tapi, ada sejumlah makanan sehat yang tinggi vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hingga 50% populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Ini sebagian karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Atau, memakai tabir surya saat di luar ruangan, atawa makan makanan yang rendah sumber vitamin D.

Nilai harian yang direkomendasikan (DV) adalah 800 international units (IU) atau 20 mikrogram (mcg) vitamin D per hari dari makanan.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan Anda harus mendekati 1.000 IU atau 25 mcg per hari.

Berikut tiga makanan sehat yang tinggi vitamin D, dilansir dari Healthline:

Baca Juga: Senjata lawan virus corona, ini 8 cara mendongkrak imunitas tubuh

1. Kuning telur

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa.

Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur.

Satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D, atau 5% dari DV.

Kadar vitamin D dalam kuning telur tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam. 

Saat diberi pakan yang sama, ayam yang dibesarkan di padang rumput yang berkeliaran di luar di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar 3-4 kali lebih tinggi.

Selain itu, telur dari ayam yang diberi pakan yang diperkaya vitamin D mungkin memiliki hingga 6.000 IU vitamin D per kuning telur. Itu 7 kali lipat DV.

Memilih telur, baik dari ayam yang dibesarkan di luar ataupun dipasarkan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, bisa menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Baca Juga: Bisa menjadi racun, konsumsi vitamin D jangan berlebihan

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru