Bisa menurunkan tekanan darah tinggi, ini manfaat singkong untuk kesehatan

Selasa, 22 Juni 2021 | 16:10 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa menurunkan tekanan darah tinggi, ini manfaat singkong untuk kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Singkong, bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang mudah diolah. Selain mengeyangkan, ini manfaat singkong untuk kesehatan.  

Singkong salah satu bahan makanan yang banyak disukai masyarakat tanah air. Selain mudah diolah, singkong dijual dengan harga yang murah. 

Baca Juga: 5 Manfaat talas ungu untuk kesehatan

Meski demikian, singkong ternyata punya banyak manfaat kesehatan,loh. Selain itu, singkong juga kaya karbohidrat yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. 

Berikut berbagai manfaat singkong untuk kesehatan: 

1. Menurunkan risiko sindrom metabolik 

Sindrom metabolik merupakan sekumpulan gejala yang menunjukkan tingginya risiko diabetes dan penyakit jantung. 

Sindrom metabolik biasanya ditandai dengan peningkatan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor-faktor lainnya. 
Singkong kaya akan flavonoid dan serat yang melindungi diri dari perkembangan sindrom metabolik dan komplikasinya. 

2. Mempercepat penyembuhan luka 

Singkong kaya vitamin C, yakni sekitar 42,4 miligram per cangkir. Jumlah tersebut telah memenushi sekitar 50 persen kebutuhan harian vitamin C bagi orang dewasa. 

Vitamin C adalah prekursor penting untuk kolagen, yang merupakan komponen struktural dalam jaringan kulit. 

Asupan vitamin C yang cukup juga membantu sel tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri sehingga luka cepat sembuh. 

3. Mengurangi tekanan darah 

Kalium dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan dapat membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah. 

Sementara itu, singkong mengandung kalium yang sangat tinggi. Secangkir singkong mengandung sekitar 558 miligram kalium, menyediakan 16 persen hingga 21 persen dari rekomendasi harian. 

4. Membantu mengontrol berat badan 

Meskipun tinggi kalori, singkong juga kaya akan serat dan pati resisten yang meningkatkan kesehatan bakteri usus. 

Penelitian menunjukkan bahwa serat dari umbi-umbian mengurangi keinginan akan konsumsi makanan asin, manis, dan tinggi lemak. 

Serat dalam singkong juga berdampak positif pada mikrobioma usus, meningkatkan rasa kenyang.(Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Ini manfaat makan pisang setelah berolahraga untuk tubuh

Selanjutnya: 5 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan kolesterol tinggi

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Manfaat Kesehatan Singkong"

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru