kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa menginfeksi, virus corona yang menyebar di udara bak asap rokok


Rabu, 08 Juli 2020 / 23:55 WIB
Bisa menginfeksi, virus corona yang menyebar di udara bak asap rokok


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Ratusan ilmuwan dari berbagai negara menemukan bukti virus corona baru menyebar di udara. Dan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun akhirnya mengakui temuan tersebut. 

Sebelumnya, WHO telah sejak lama beranggapan virus corona hanya menyebar lewat droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk atau bersin. 

Namun, bukti ada partikel virus corona yang lebih kecil melayang di udara bisa menginfeksi manusia para ilmuwan ungkapkan dalam surat terbuka kepada WHO. 

Para ilmuwan menilai, lembaga-lembaga kesehatan masih abai pada tetesen kecil virus yang menyembur dari mulut seseorang menjadi aerosol dan melayang di udara, yang kemungkinan menjadi cara penularan virus corona. 

Baca Juga: Waspada! Ratusan ilmuan: Virus corona yang ada di udara bisa menginfeksi orang

"Mereka tidak ingin berbicara tentang penularan melalui udara, karena itu akan membuat orang takut," kata Donald Milton, profesor kesehatan lingkungan di University of Maryland, Amerika Serikat, seperti dikutip CNN, Rabu (8/7). 

Sebuah studi yang dipublikasikan pertengahan Maret lalu menemukan, virus corona baru bisa bertahan dalam tetesan pernapasan mikroskopis berdiameter sekitar 2,5 mikron, bahkan lebih kecil, dan bisa bertahan hingga 3 jam. 

Sementara Linsey Marr, profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, menerbitkan makalah yang mengungkap peran partikel udara yang lebih kecil dalam penyebaran virus corona. 

Mearr mengatakan, tidak mungkin bagi seseorang untuk melepaskan tetesan besar (> 5 mikron) tanpa melepaskan yang lebih kecil. Ia menemukan virus flu bisa melayang di udara dalam tetesan mikroskopis selama satu jam atau lebih.

Baca Juga: WHO akhirnya mengakui klaim bahwa virus corona bisa menyebar lewat udara




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×