kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Jadi Pengganti Nasi, Simak 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh


Minggu, 05 Maret 2023 / 12:15 WIB
Bisa Jadi Pengganti Nasi, Simak 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji klinis. Tak heran, manfaat kentang untuk kesehatan cukup menarik perhatian dan kerap dijadikan makanan pengganti nasi.

Banyaknya manfaat kentang untuk kesehatan tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kentang tersebut kebanyakan dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kentang di antaranya seperti karbohidrat, serat, potasium, protein, vitamin C, vitamin B6, folat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Cek Yuk!

Selain memiliki berbagai macam manfaat, kentang juga termasuk sayuran atau umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Tak jarang kentang kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Lantas apa saja manfaat kentang untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Food Good, berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Salah satu manfaat kentang yaitu disebabkan oleh melimpahnya kandungan nutrisi dan gizi. Sehingga mengkonsumsi kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Selain itu, banyaknya kandungan nutrisi dan gizi dalam kentang membuatnya bisa dijadikan pokok sehari-hari untuk menggantikan nasi.

Baca Juga: Cek Yuk 10 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

2. Rendah Lemak

Selain mengandung banyak nutrisi, manfaat kentang selanjutnya dikenal dengan rendah lemak. Selain rendah lemak, kentang juga memiliki kalori yang relatif lebih rendah daripada nasi. 

Meski demikian, kentang tetap mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat kentang untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan usus. Pasalnya, kentang merupakan salah satu sumber terbaik serat.

Sehingga mengkonsumsi kentang secara rutin dan dimasak dengan cara yang benar mampu melindungi dan menjaga kesehatan usus. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Apa Saja?

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tak berhenti disitu mengkonsumsi kentang juga bermanfaat untuk dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Penelitian pada hewan telah mengaitkan pati resisten dari kentang dengan sensitivitas insulin yang lebih baik, akumulasi lemak yang lebih rendah, dan penambahan berat badan yang lebih sedikit.

Kentang juga merupakan sumber yang berguna dari sejenis serat yang disebut pektin, yang membantu memperlambat pengosongan perut, membuat Anda kenyang lebih lama, dan membantu menurunkan efek gula darah dari makanan.

Baca Juga: Tengok 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

5. Mengandung Banyak Antioksidan

Manfaat kentang untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu kentang sebagai sumber yang mengandung banyak antioksidan.

Selain itu, kentang juga merupakan sumber karotenoid termasuk lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat untuk mata. Kentang juga merupakan sumber polifenol, termasuk asam klorogenat, dan flavonoid, yang utamanya adalah katekin dan epikatekin.

Itulah beberapa manfaat kentang untuk kesehatan, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×