Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mengantisipasi penularan Covid-19, banyak perusahaan menerapkan protokol kesehatan. Sebut saja, PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat), menerapkan pembatasan sosial secara ketat di kantor bagi karyawannya.
Bahkan, kapasitas kantor juga dibatasi maksimal hanya 25% selama pandemi. Menurut CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik, beberapa divisi yang membutuhkan pendekatan secara offline dalam kesehariannya, tentunya penerapan ini sedikit mengganggu ritme kerja, seperti pada divisi penjualan dan pengembangan bisnis.
"Apabila kita hitung, penurunan fungsi kerja tidak lebih dari 30% dari ritme normal," kata Hendoko, kepada Kontan.co.id, Sabtu (9/1).
Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (10/1): Bertambah 9.640 kasus baru, ingat selalu 3 M
Selain pembatasan sosial, manajemen menilai efektivitas program vaksin nasional dapat menurunkan tingkat penyebaran Covid-19. Dengan begitu, perusahaan bakal melanjutkan kebijakan pembatasan hingga enam bulan ke depan.
"Kami juga membenahi ekosistem back office dengan berlangganan software digital sehingga memudahkan dan melancarkan pekerjaan dari rumah (WFH)," terangnya.
Wakil Presiden Direktur PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia Nicolaus Prawiro juga mengutamakan protokol kesehatan baik untuk dirinya serta karyawan yang bekerja di kantor.
Penerapan protokol kesehatan diberlakukan baik masuk hingga keluar dari kantor. Tujuannya adalah untuk melindungi para pekerja dari penularan Covid-19. Ketika memasuki kantor, para karyawan wajib pakai masker, mengecek suhu badan dan disemprot dengan disinfektan.
Baca Juga: Ada pemberlakuan PPKM di Jawa-Bali, analis: Proyek konstruksi tetap terdampak
Bukan hanya itu, perusahaan juga punya alat sendiri bagi karyawan yang ingin melakukan rapid test. Biasanya, metode pemeriksaan ini dilakukan sebanyak dua minggu sekali.
Menariknya, perusahaan juga punya cara tersendiri untuk agar makanan yang mereka bawa tetap terjaga kesehatannya. Sebelum dimakan, usahakan makanan itu dipanaskan dulu dengan microwave agar kuman-kumannya hilang.
"Nah, untuk piring, sendok, garpu dan tempat maka kita sterilkan dulu untuk membunuh bakterinya. Kami strerilkan makanan kantor yang dibeli dari luar," ungkapnya.
Bukan hanya soal makanan saja, sirkulasi udara juga diperhatikan. Perusahaan asuransi umum ini menyediakan air purifier untuk menjernihkan udara di ruangan. Dengan begitu, udara jadi lebih bersih dan bebas polusi.
Lalu lintas orang luar juga dijaga ketat. Semisal, pengantaran barang oleh kurir atau ojek online hanya diperbolehkan sampai luar ruangan di depan lift elevator. Di sana sudah tersedia meja dan tempat untuk menaruh barang - barang pesanan tersebut.
"Kami sudah siapin satu meja, nanti mereka tanda tangan atau menempelkan stempel sendiri sebagai tanda terima. Jadi mereka tidak masuk ke ruangan," ungkapnya.
Baca Juga: Pahami peraturan dari Kemendagri untuk PPKM Jawa Bali, mulai besok berlaku
Selain itu, ia juga memperhatikan kesehatan para karyawannya. Asuransi Cakrawala rutin memberikan 30 butir multivitamin kepada karyawannya tiap bulan agar mereka bisa tetap fit ketika bekerja.
Bukan hanya vitamin, perusahaan juga menyediakan bubur kacang hijau untuk sarapan pagi di kantor. Makanan kacang hijau itu disediakan khusus setiap seminggu tiga kali untuk menjaga imunitas mereka.
Ia percaya, banyak manfaat yang dikandung dalam kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Itu juga jadi alasan mengapa kacang hijau disajikan saat kegiatan Posyandu karena makanan ini kaya akan nutrisi.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun
Selanjutnya: Aturan perjalanan diperpanjang dan diperketat hingga 25 Januari
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News