kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beberapa gejala Virus Corona ini perlu Anda waspadai


Kamis, 08 Juli 2021 / 15:47 WIB
Beberapa gejala Virus Corona ini perlu Anda waspadai
ILUSTRASI. Ada beberapa gejala Virus Corona yang sebaiknya Anda perhatikan. FOTO ANTARA/Seno S./Koz/hp/09.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memerhatikan gejala Virus Corona sejak dini termasuk salah satu cara mengatasi Covid-19 yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika Anda baru saja melakukan kontak dekat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mengutip dari Thejournal.ie, ada beberapa gejala Virus Corona yang dialami oleh Anda yang belum divaksin Covid-19. Mulai dari sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk yang Anda alami secara terus-menerus.

Selain itu, ada tanda infeksi Virus Corona yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Meski jarang terjadi, Anda bisa mengalami diare, mual, atau muntah saat terinfeksi Covid-19. Saat Anda sudah divaksin, Thejournal.ie mengatakan bahwa bersin yang terus terjadi juga bisa jadi ciri-ciri Virus Corona.

Masih banyak gejala Virus Corona lainnya yang perlu Anda waspadai. Mulai dari muncul ruam di kulit, suara serak, sakit perut, dan nafsu makan turun. Tidak berhenti sampai di situ, ada beberapa gejala yang sebaiknya tidak Anda abaikan dan usahakan untuk segera menghubungi tenaga kesehatan.

Baca Juga: Tips cara mudah mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19

Gejala yang dimaksud adalah sesak napas, demam tinggi, batuk, dan kesulitan untuk mencium serta mencecap makanan dan minuman. Biasanya, tenaga kesehatan akan mengarahkan Anda untuk melakukan tes. Tentu saja dengan memerhatikan kondisi Anda yang lain.

Supaya Anda tak mengalami gejala Virus Corona yang telah disebutkan, sebaiknya terapkan protokol kesehatan secara disiplin. Hindari tempat umum yang dipenuhi oleh banyak orang. Jika Anda memang harus mengunjungi tempat tertentu, pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Baca Juga: Kasus corona di Jawa melonjak gara-gara varian Delta?

Memakai masker yang sesuai dengan standa kesehatan dan menjaga kebersihan tangan juga tak boleh Anda lupakan. Tak hanya itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar sistem imun tubuh tetap terjaga.

Jangan tunda jadwal vaksin Covid-19, ya. Vaksin memang tak membuat tubuh Anda kebal dari infeksi Virus Corona. Namun, vaksin memberikan perlindungan lebih bagus. Saat Anda terinfeksi Covid-19 pun, vaksinasi akan mengurangi efek kesehatan sehingga kondisi Anda tak terlalu buruk.

Selanjutnya: 2 Terapi mudah untuk memulihkan anosmia akibat COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×