Kesehatan Umum

Bangun tidur malah terasa capek, bisa jadi ini sebabnya

Minggu, 16 Februari 2020 | 06:24 WIB Sumber: Kompas.com
Bangun tidur malah terasa capek, bisa jadi ini sebabnya

ILUSTRASI. Tidur adalah momen kita untuk mengistirahatkan tubuh sehingga terasa segar ketika bangun.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidur adalah momen kita untuk mengistirahatkan tubuh sehingga terasa segar dan hilang semua letih atau capek ketika bangun. Tapi, terkadang kita tetap merasa lelah meski telah tidur selama delapan jam semalaman.

Ada banyak hal yang membuat kita tetap merasa lelah meski telah tidur cukup semalam penuh. Melansir laman SehatQ, tubuh yang tetap terasa lelah usai bangun tidur kemungkinan disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

1. Tidak cukup tidur dan adanya gangguan tidur

Hal terpenting dari kualitas tidur yaitu dapat mencapai fase tidur dalam pada jam 11 malam bila disesuaikan dengan gelombang otak manusia. Bila hal itu tidak tercapai, maka saat bangun tidur badan akan tetap terasa lemas dan lelah.

Baca Juga: Sulit tidur, simak tips berikut ini

2. Penggunaan gadget

Kebiasaan nonton televisi, online di media sosial, dan bekerja di depan komputer sampai jam 10 malam menyebabkan otak sulit untuk tidur sehingga saat bangun di pagi hari badan tidak bersemangat.

3. Dehidrasi dan terlalu banyak gula dalam darah

Badan lelah usai bangun tidur juga mungkin disebabkan oleh dehidrasi setelah tidak mendapat asupan cairan atau makanan apapun selama 8 jam tidur. Selain itu, makan malam yang terlalu banyak mengandung gula, alkohol dan karbohidrat, menyebabkan kadar gula darah meningkat dan menyebabkan gangguan saat tidur.

Baca Juga: Mengenal virus corona, bagaimana penyebaran dan pencegahannya?

4. Terlalu banyak kafein

Minum satu sampai dua cangkir kopi sehari akan membuat badan menjadi lebih waspada dan konsentrasi meningkat. Namun, kafein yang terlalu banyak dalam darah akan menimbulkan efek sebaliknya yaitu lemas dan letih.

5.Stres

Stres atau terlalu banyak beban pikiran bisa menghalangi tubuh untuk tidur nyenyak sehingga pada pagi hari tubuh merasa lelah dan tidak bersemangat.

Baca Juga: Minum air putih sebelum tidur meningkatkan risiko nokturia, apa itu?

6. Kondisi medis tertentu

Rasa lelah usai bangun tidur bisa menjadi pertanda adanya gangguan medis tertentu seperti sleep apnea, anemia, masalah tiroid, depresi, penyakit jantung atau sindrom kaki gelisah. Untuk mengetahui hal tersebut, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter.

Cara meningkatkan kualitas tidurĀ 

Editor: Wahyu Rahmawati


Terbaru