kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%

Ayo Kenali 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Kamis, 13 April 2023 / 14:09 WIB
Ayo Kenali 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat biji adas untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sudah tahu berbagai manfaat biji adas untuk kesehatan tubuh? Manfaat biji adas untuk kesehatan juga telah terbukti secara klinis. Sehingga, manfaat biji adas tidak perlu diragukan.

Meski tidak sepopuler jenis rempah lain seperti kunyit, jahe atau lengkuas, manfaat biji adas tak perlu diragukan.

Biji adas berasal dari tanaman yang biasanya dijadikan sebagai aromaterapi karena mempunyai wangi khas yang kuat. Tanaman ini memiliki warna hijau dan putih dengan bunga berwarna kuning yang cantik.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Umumnya, biji adas kerap kali diolah menjadi berbagai ramuan obat herbal, minyak essensial, hingga bumbu masakan. Namun, sayangnya masih belum banyak yang tahu begitu banyaknya manfaat yang didapatkan dari biji adas. 

Penasaran apa saja manfaat dari biji adas?

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat biji adas yang perlu Anda ketahui: 

1. Mengatasi Sembelit

Biji adas juga dapat dijadikan teh yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat mengkonsumsi teh biji adas mampu melancarkan sistem pencernaan Anda sehingga dapar terhindar dari sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 6 Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Dihindari, Apa Saja?

2. Mengurangi Gejala Asma

Biji adas dan kandungan fitonutriennya membantu membersihkan sinus. Sinus adalah suatu kondisi di mana rongga di sekitar saluran hidung menjadi meradang. Dengan mengkonsumsi teh biji adas bagus untuk membantu mengurangi gejala bronkitis, asma dan batuk karena mereka memiliki sifat ekspektoran.

3. Membersihkan Darah

Minyak atsiri dan serat dalam biji adas dianggap sangat berguna untuk membuang racun dan kotoran dari tubuh kita, sehingga membantu membersihkan darah. Oleh sebab itu, penting untuk memasukkan biji adas dalam diet Anda untuk membantu membersihkan darah Anda serta memastikan penyerapan nutrisi yang lancar.

Baca Juga: Catat 6 Makanan Penurun Diabetes yang Bisa Dijadikan Alternatif

4. Meningkatkan Penglihatan

Segenggam biji adas juga bisa memberikan keajaiban bagi penglihatan Anda. Biji adas mengandung Vitamin A yang penting untuk penglihatan. Di India kuno, ekstrak biji ini digunakan untuk memperbaiki gejala glaukoma.

5. Mengatasi Jerawat

Ketika biji adas dimakan secara teratur, mereka memberi tubuh mineral berharga seperti seng, kalsium dan selenium. Mineral ini sangat membantu untuk menyeimbangkan hormon dan membantu keseimbangan oksigen. 

Saat dikonsumsi, biji adas memiliki efek mendinginkan pada kulit, sehingga memberikan cahaya yang sehat dan mampu mengatasi jerawat.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

6. Menjauhkan Kanker

Biji adas juga memiliki sifat penangkal radikal bebas yang sangat kuat yang membantu mengalahkan stres oksidatif dan melindungi tubuh dari berbagai kanker kulit, perut dan payudara. 

Biji adas juga memiliki efek modulasi kemoterapi yang sangat kuat. Dilansir dari NDTV, biji adas dianggap sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. 

Baca Juga: 6 Mantaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

7. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Salah satu manfaat mengkonsumsi biji adas adalah mampu mengatur tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, menemukan bahwa mengunyah biji adas membantu meningkatkan kandungan nitrit dalam air liur, menjadikannya cara alami yang bagus untuk menjaga tingkat tekanan darah. 

Selain itu, biji adas juga merupakan sumber potasium yang sangat kaya. Potasium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, ini membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×