kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aturan Konsumsi Kunyit untuk Membuat Asam Lambung Kabur, Cek Juga Risikonya


Kamis, 23 Februari 2023 / 07:45 WIB
Aturan Konsumsi Kunyit untuk Membuat Asam Lambung Kabur, Cek Juga Risikonya
ILUSTRASI. Kunyit obat asam lambung herbal. Anda bisa meracik obat herbal berbahan kunyit ini di rumah untuk meredakan asam lambung.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kunyit merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Kunyit dipercaya mampu meredakan asam lambung. 

Kunyit jadi salah satu bahan herbal yang banyak digunakan untuk mengobati beragam masalah kesehatan. Salah satunya, kunyit ampuh mengobati penyakit asam lambung. 

Melansir Healthline, kunyit kaya akan senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit digunakan untuk mengobati nyeri haid, radang sendi, serta meningkatkan fungsi percernaan dan hati. 

Baca Juga: Pala, obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

Selain itu, kunyit juga banyak digunakan untuk mengatasi gejala heartburn karena asam lambung naik, radang, dan sakit perut. Bahan aktif curcumin berperan besar dalam memberikan beragam manfaat kunyit untuk kesehatan. 

Sekedar info, curcumin merupakan antioksidan polifenol. Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai antikanker. 

Kendati banyak orang menggunakan obat tradisional asam lambung kunyit, namun belum ada studi khusus pada manusia yang menguji efektivitas kunyit untuk penyakit asam lambung. 

Ada studi yang mengaitkan manfaat tak langsung kunyit untuk mengatasi penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Penelitian pada 2007 menunjukkan, GERD dan penyakit asam lambung disebabkan peradangan dan stres oksidatif. Dari studi tersebut, cara mengobati asam lambung dan GERD perlu menggunakan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi. 

Dalam studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin bisa mencegah peradangan esofagus. Dengan demikian, kunyit dan ekstrak curcumin potensial digunakan sebagai obat asam lambung alami. 

Baca Juga: Tanpa Obat Apotik, Berikut Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Agar Tak Kambuh Lagi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×