kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Puasa Dapat Menurunkan Gula Darah? Cek Cara Menurunkan Gula Darah 300


Selasa, 12 Maret 2024 / 08:59 WIB
Apakah Puasa Dapat Menurunkan Gula Darah? Cek Cara Menurunkan Gula Darah 300
ILUSTRASI. Apakah Puasa Dapat Menurunkan Gula Darah? Cek Cara Menurunkan Gula Darah 300


Reporter: Adi Wikanto, Benedicta Prima | Editor: Adi Wikanto

CARA MENURUNKAN GULA DARAH 300 - Jakarta. Marhaban ya Ramadhan. Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadhan mulai hari ini, Selasa 12 Maret 2024. Apakah puasa dapat menurunkan gula darah? Simak cara menurunkan gula darah tinggi seperti mencapai level 300 mg/dL.

Diberitakan Kompas.com, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung. Puasa juga dapat mengurangi gula darah karena resistensi insulin akan berkurang.

Namun, penderita diabetes yang puasa tetap diimbau untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin karena puasa juga dapat menyebabkan gula darah rendah, atau hipoglikemia.

Apakah puasa bisa menurunkan gula darah?

Ternyata, puasa dapat menurunkan gula darah. Dilansir dari Medical News Today, puasa akan membuat kadar gula darah berkurang. Ketika kadar gula darah berkurang, pankreas akan memproduksi lebih banyak hormon glukagon untuk menjaga agar gula darah tidak akan turun secara berlebihan.

Tubuh akan mendapatkan sinyal untuk tidak memproduksi glukagon ketika sudah tidak diperlukan. Tubuh kemudian akan memproduksi insulin untuk memindahkan glukosa dari darah ke sel-sel tubuh untuk menyeimbangkan kenaikan kadar gula darah.

Artinya, sel-sel tubuh di dalam otot, lemak, dan hati dapat merespons insulin dengan lebih baik dan kadar gula darah tetap stabil. Pada penderita diabetes, puasa dapat membantu lever, atau hati, dan pankreas untuk beristirahat. Efek ini dapat memberikan dampak positif pada kadar gula darah.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Makanan Sehat Untuk Buka Puasa, Mau Coba?

Bahkan, penderita diabetes tipe 1 yang berpuasa secara teratur sudah terbukti dapat mengurangi dosis insulin yang digunakan. Meskipun begitu, penderita diabetes juga memiliki risiko hipoglikemia di mana kadar gula darah turun secara berlebihan, khususnya jika Anda mengonsumsi obat diabetes dan menggunakan insulin.

Dilansir dari WebMD, kadar gula darah akan berkurang ketika penderita diabetes tidak makan, dan penggunaan obat dapat membuat gula darah semakin berkurang. Hipoglikemia tidak hanya akan menyebabkan gejala tertentu, seperti gemetar dan pingsan, namun juga akan membahayakan nyawa karena bisa meningkatkan risiko koma. Penderita diabetes yang berpuasa juga dapat mengalami gula darah tinggi, atau hiperglikemia, saat berbuka.

Cara menurunkan gula darah 300

Mengutip website resmi RSUD Loekmonohadi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kadar gula darah normal jika hasil hasil tes darah menunjukkan angka kurang dari 140 mg/dL. Sedangkan jika gula darah 140 hingga 199 mg/dL, maka disebut mengalami prediabetes.

Lalu, jika hasil tes darah menunjukkan kadar gula 200 mg/dL atau lebih berarti menderita diabetes melitus tipe 2. Dokter biasanya akan memberikan sejumlah obat untuk menurunkan gula darah.

Selain dengan obat, cara menurunkan gula darah dapat dilakukan dengan alami, yakni sebagai berikut:

Mengonsumsi bawang putih secara langsung

Melansir Dinas Kesehatan Semarang, cara menurunkan gula darah 300 mg/dL adalah mengonsumsi bawang putih secara langsung. Minimal konsumsi tiga siung bawang putih sekali makan. 

Bawang putih bisa secara alami menurunkan kadar gula darah karena mengandung zat sulfoxide. Kangdungan ini bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide yang menghambat penghentian insulin di hati. 

Minum ramuan daun kemangi

Cara alami selanjutnya menurunkan kadar gula darah 300 mg/dL adalah meminum air rebusan daun kemangi. Tumbuhan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan sekresi insulin dan jika diminum secara teratur bisa menurunkan gula darah secara cepat. 

Banyak minum air putih

Melansir Alodokter, air putih juga bisa membantu menurunkan gula darah secara cepat dan alami. Minum air putih secara teratur bisa bisa membantu ginjal mengeluarkan gula darah yang berlebih lewat urine. 

Jaga pola makan

Melansir Hellosehat, saat makan sebaiknya pilih sumber protein dari makanan yang mengandung kalori, lemak jenuh, lemak trans, gula dan garam yang rendah. Utamakan konsumsi makanan yang kaya serat seperti gandum dan nasi yang rendah glikemik. 

Selain itu pilih makan buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak. Utamakan minum air putih, dan usahakan karbohirat hanya mengisi 1/4 piring, protein 1/4 piring dan sayuran serta buah mengisi 1/2 piring.

Itulah berbagai cara menurunkan gula darah 300 mg/dL. Jangan lupa untuk mengelola stres, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×